Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Ketua MPR: Caleg Harus Tunjukkan Perilaku Politik Terpuji

Senin 27 January 2014 13:13 WIB

Rep: Heri Purwata/ Red: Karta Raharja Ucu

Ketua MPR sidarto danusubroto

Ketua MPR sidarto danusubroto

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua MPR RI, Sidarto Danusubroto, mengatakan Pemilu 2014 adalah momentum tepat bagi rakyat Indonesia membuka lembaran sejarah baru demokrasi.

Ia berkata, guna mendapatkan Pemilu yang berkualitas, perlu dilakukan perbaikan kinerja penyelenggara Pemilu. Sidarto mengatakan, demokrasi yang berkualitas hanya tumbuh dari cara-cara beradab dan berkeadilan. Karenanya, Pemilu 2014 harus mengedepankan 'fairness competition' agar tercipta demokrasi berkualitas.

Pernyataan itu disampaikannya dalam 'Talkshow Goes to Campus sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara' di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Senin (27/1). Pemilu 2014 akan dilaksanakan 9 April mendatang, sehingga tinggal dua bulan lagi.

Selain itu, kata Sidarto, juga perlu penumbuhan kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi Pemilu. Parpol dan caleg juga memiliki andil besar dalam mewujudkan Pemilu berkualitas. "Para calon legislatif harus menunjukkan perilaku politik yang terpuji," ucapnya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, Pemilu berkualitas harus dilaksanakan sesuai dengan azas jujur, adil, tertib, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisien dan efektivitas.

"Penyelenggaraan secara adil dapat memberi kesempatan yang sama kepada semua pihak," kata ajudan Bung Karno tersebut mengakhiri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES