Rabu , 11 Januari 2017, 14:03 WIB

Panglima TNI: Presiden yang Pilih KSAU yang Baru

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/ Yasin Habibi
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo menyerahkan tiga nama calon kepala staf Angkatan Udara (KSAU) kepada Presiden Joko Widodo. Dari tiga nama tersebut nantinya akan dipilih untuk menggantikan KSAU, Marsekal TNI, Agus Supriyatna yang akan memasuki masa pensiun 28 Januari 2017.

“Saya sudah mengajukan kepada presiden tiga orang calon semua bintang tiga,” kata Gatot, usai menghadiri Natal bersama prajurit TNI, di Gor A Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (11/1).

Ketiga nama calon KASA tersebut antara lain, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito jabatan saat ini sebagai Wakil Gubernur Lemhanas, Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjo yang saat ini sebagai Irjen Kemhan dan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dengan jabatan saat ini wakil kepala staf TNI AU. Meskipun Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) saat ini, Marsekal Madya TNI Felicianus Henry Bambang Soelistyo juga bintang tiga namun tidak diajukan. Pasalnya, Felicianus akan pensiun bulan depan.

Kendati telah mengajukan tiga nama, menurut Gatot, dirinya tak memiliki hak prerogatif menentukan KSAU. Mantan pangkostrad itu juga menuturkan, semua calon memiliki peluang yang sama. “Itu hak prerogatif presiden,” ujarnya.