Jumat , 17 February 2017, 06:21 WIB

Ketum Pemuda Muhammadiyah Puji Etnis Cina Solid Dukung Ahok

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
dok.Istimewa
Dahnil Anzar Simanjuntak
Dahnil Anzar Simanjuntak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak memuji etnis Cina dan umat Kristen yang solid mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai gubernur DKI Jakarta. Ahok merupakan etnis Cina dan beragama Kristen.

Itu disampaikan Dahnil jika melihat sebaran pemilihan berdasarkan agama dan etnis dari hasil survei SMRC. Menurut Dahnil, situasi ini harus dimaknai sebagai potensi kebangkitan politik dari kalangan etnis Cina.

“Yang selama Orde Baru dipaksa tidak bisa masuk dengan mudah di ranah politik dan terpaksa hanya masuk pada kegiatan-kegiatan ekonomi,” ujar Dahnil dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (16/2).

Mereka, kata Dahnil, berkompetisi di dunia politik pada masa Orde Baru merupakan hal yang tabu. Karena itu, potensi kebangkitan etnis Cina di dunia politik perlu disyukuri sebagai buah dari reformasi guna memperkuat makna bangsa Indonesia itu sendiri.

Dahnil menekankan perlunya memperkuat persatuan dan kesatuan. Dahnil berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan pesan yang mengandung kebencian dari para politikus.

“Apalagi pesan-pesan memecah yang disampaikan untuk umat Islam, saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air yang memilih Ahok tersebut telah memberikan teladan baik tentang makna persatuan dan kesatuan,” katanya.