Jumat , 17 February 2017, 16:03 WIB

Siti Aisyah Mengaku Diajak Shooting Reality Show Komedi

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Bilal Ramadhan
AP/Shin In-seop/JoongAng Ilbo
Saudara seayah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.
Saudara seayah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Kepolisian Malaysia menjelaskan dua perempuan dan empat laki-laki tersangka pembunuhan Kim Jong-nam tidak saling mengenal satu sama lain, sebelum mereka dibawa ke lokasi kejadian untuk membunuh saudara seayah Kim Jong-un itu.

Menurut informasi dari Telegraph, keenam tersangka, yang sebagian besar dianggap sleeper agent, semua tinggal di Kuala Lumpur. Mereka direkrut dan diarahkan untuk membunuh oleh seorang pria rahasia yang merupakan titik agen.

Siti Aisyah, tersangka WNI yang ditangkap pada Selasa dini hari, telah tinggal di Kuala Lumpur selama beberapa bulan. Dia bekerja sebagai hostess di sebuah klub malam di ibu kota Malaysia. Aishah didekati oleh seorang pria misterius di klub malam di mana dia bekerja dan menawarkan 100 dolar AS.

Siti yang membutuhkan uang akhirnya bersedia menerima tawaran tersebut. Dia bahkan tidak tahu siapa saja tersangka lainnya. Dia hanya mengira yang mengajaknya dan tersangka lainnya adalah kru acara televisi reality show komedi. Siti bahkan tidak mengenal siapa Kim Jong-nam.

Sedangkan tersangka perempuan lain, seorang wanita Vietnam Doan Thi Huong, mengaku kepada polisi mereka dibujuk untuk menyerang Kim sebagai bagian dari lelucon. Dia juga mengatakan kepada polisi telah tertipu karena ternyata menyeka racun pada Kim.

Beberapa laporan menunjukkan bahwa kedua perempuan tersebut tidak meninggalkan bandara internasional Kuala Lumpur, tempat serangan itu, dengan tergesa-gesa. Terlihat mereka berdiri santai saat menunggu taksi di pintu keluar.