Jumat , 21 April 2017, 20:25 WIB

Ridwan Kamil Berharap Raih Dukungan Hanura di Pilgub Jabar

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Partai Hanura di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (21/4). Dalam sambutannya, Ridwan Kamil menyampaikan harapannya agar bisa mendapat dukungan Partai Hanura pada perhelatan Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang.

"Saya ikut takdir Allah saja. Didorong jadi, Alhamdulillah. Tidak jadi juga nggak masalah. Kalau didukung Hanura ya Alhamdulillah," kata pria yang akrab disapa Emil ini dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Emil mengatakan pertemuan dengan partai merupakan bentuk komunikasi politiknya. Sehingga diharapkan bisa mendapat dukungan. "Kan saya sudah bilang karena saya tidak berpartai di mana ada kesempatan bertemu dengan partai-partai ya saya sampaikan harapan aspirasi supaya bisa mendukung itu saja," ujarnya kepada wartawan.

Emil mengaku sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai. Respon yang didapat pun, ujarnya, berbeda-beda menyikapi peluangnya diusung pada Pilgub 2018 nanti. Namun, kata Emil, komunikasi belum memberikan kepastian terkait mendukung atau tidak. Hingga saat ini baru Partai Nasdem yang sudah terang-terangan menyatakan dukungan.

"Parpol mah dinamis bukan matematik bisa ditebak. Intinya mah sudah menyampaikan maksud," ucapnya.

Ia pun berpesan partai politik bukan hanya bertugas dalam penyelenggaraan Pilkada yang terkesan hanya perebutan kekuasaan. Melainkan ada tugas lainnya yaitu pendidikan politik dan pelayanan publik. Oleh karena itu, Emil berdalih beralihnya dirinya dari dunia akademisi menjadi politikus adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik.