Jumat , 21 April 2017, 23:16 WIB

OSO Resmikan Kantor DPD di Tiga Provinsi

Rep: Maspril Aries/ Red: Didi Purwadi
Republika/Maspril Aries
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Oesman Sapta Odang, meresmikan kantor DPD Sumatera Selatan (Sumsel) di Palembang pada Jumat (21/4).
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Oesman Sapta Odang, meresmikan kantor DPD Sumatera Selatan (Sumsel) di Palembang pada Jumat (21/4).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, Oesman Sapta Odang, meresmikan kantor DPD Sumatera Selatan (Sumsel) di Palembang pada Jumat (21/4). Kantor DPD Sumsel yang terletak di Jalan Gubernur H Achmad Bastari, Palembang, merupakan kantor DPD pertama yang dibangun saat DPD masih dipimpin Irman Gusman.

“Sebagai wakil daerah di pusat, kita telah disumpah untuk ikut mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itu merupakan pekerjaan berat, namun kerja berat tersebut terasa agak ringan setelah terbangunnya kantor DPD RI di daerah,'' kata Oesman saat memberikan sambutan pada peresmian kantor DPD Sumsel.

Kantor DPD Sumsel merupakan kantor DPD pertama yang dibangun di daerah. Setelah DPD Sumsel, kantor DPD juga dibangun di DI Yogjakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

OSO, sapaan akrab Oesman Sapta Odang, mengimbau agar kantor DPD dijadikan sebagai rumah rakyat. Ia menyerukan untuk menghilangkan jarang antara para wakil rakyat dengan rakyatnya dan para wakil daerah dengan daerahnya.

''Dengan tidak adanya jarak, daerah semakin terang benderang menyampaikan aspirasinya,'' katanya. ''Selanjutnya kita semakin lugas memperjuangkan aspirasi daerah.''

Kepada para anggota DPD dari tiga provinsi yang kantornya telah diresmikan tersebut, OSO mengajak memanfaatkan kantor DPD sebagai tempat menampung dan memperjuangkan semua aspirasi. Melalui kantor DPD RI di daerah, stakeholders juga diharapkan menyampaikan seluruh aspirasi, ide, dan gagasannya untuk ditindaklanjuti di tingkat pusat demi kemajuan daerah.

Oesman menyadari bahwa kinerja DPD selama ini belum maksimal. Tapi, ia menegaskan DPD akan selalu instropeksi dan membenahi diri. Semua langkah personal, komunal, hingga konstitusional akan mereka lakukan demi terwujudnya DPD RI yang kuat dalam memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah.

Sementara Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, mengatakan Pemerintah Provinsi Sumsel merupakan yang pertama menghibahkan lahan. Gedung tersebut merupakan gedung DPD daerah yang pertama selesai pembangunannya. “Inilah gedung DPD RI pertama yang dibangun di daerah,'' kata Alex.