Kamis , 04 Mei 2017, 17:01 WIB

JK: Anies Merupakan Tokoh yang Moderat

Red: Bilal Ramadhan
ist
Anies Baswedan
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sebagai orang yang moderat Anies Baswedan tepat saat itu untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Menurut Wapres seusai meresmikan pembukaan acara Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis, Indonesia harus berjalan baik, aman dan moderat.

Ia menambahkan Anies merupakan orang moderat, berpengalaman dan juga dekat dengan Presiden Joko Widodo, sehingga tepat untuk diusulkan. "Anies, orang yang sangat moderat didampingi pengusaha, orang punya pengalaman, orang dekat Jokowi sebelumnya karena dia jubirnya selama enam bulan mendampingi tidak ada orang paling dekat dengan Pak Jokowi, selain Anies selama kampanye, tidak ada orang lain, karena itu orang paling tepat waktu itu agar negeri ini aman, maju, serta tidak ada fitnah, hanya itu," tuturnya.

Untuk itulah dirinya kemudian mengusulkan kepada partai politik untuk mengusungnya menjadi kandidat Gubernur DKI Jakarta. Wapres menegaskan dirinya hanya mengusulkan kepada partai politik dan tidak ada intervensi. Keputusan tetap berada di tangan partai-partai politik pengusung.

"Kalau intervensi saya memaksa keputusan, saya tidak, yang mengambil keputusan kan ketua partai, saya hanya berbicara. apa salah?" kata JK.

Ia mengaku berbicara dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo untuk mengusulkan Anies. "Saya kan ke luar negeri waktu itu tentu berbicaralah, apa salahnya, kita bicara dengan pimpinan partai agar semuanya hasilnya baik, negara aman, maju, dan damai. Coba sekarang? damai kan?" ujarnya.

Sumber : Antara