Jumat , 18 Agustus 2017, 20:03 WIB

Saat Jokowi Bingung Terima Bendera Pusaka dari Tim Paskibra

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/Wihdan Hidayat
  Presiden Joko Widodo menerima bendera pusaka merah putih dari anggota Paskibraka Ruth Cheliine Eglesya Purba pada Upacara Hari Kemerdekaan ke-72 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). P
Presiden Joko Widodo menerima bendera pusaka merah putih dari anggota Paskibraka Ruth Cheliine Eglesya Purba pada Upacara Hari Kemerdekaan ke-72 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). P

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sempat gugup saat menerima kembali bendera Merah Putih usai diturunkan oleh tim paskibraka saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan kemarin. Hal ini disampaikan Jokowi saat bersilaturahim dengan para pendukung acara HUT RI ke-72 sore ini.

Menurut Jokowi, kebingungannya terjadi saat ia menerima bendera pusaka dari tim paskibraka yang dibawakan oleh Ruth Cheline Eglesya Purba dari Sumatera Utara. Ini terjadi lantaran ia mengaku tak mengikuti gladi bersih penurunan bendera terlebih dahulu.

Sedangkan, saat pengibaran bendera pada pagi harinya, Jokowi mengaku mengikuti gladi resik sehingga semua berjalan dengan lancar. Kepada Ruth saat menghantarkan baki bendera pusaka, Sang Presiden pun sempat berbisik dan bertanya apakah harus mengambil kembali benderanya saja atau sekaligus dengan kain penutup bendera berwarna kuning yang berada di bawah bendera.

Di forum ini pun, ia kemudian memastikan, apakah bisikannya kepada Ruth tersebut didengar oleh orang lain. "Enggak ada yang tahu kan saya bisik-bisik? Coba yang tahu maju. Pak Wapres tahu enggak saya bisik-bisik? Pak Wapres yang sebelah saya saja ndak tahu," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/8).

Mendengar pertanyaan singkat dan pelan dari Jokowi, Ruth pun kemudian menjawab hanya benderanya saja yang perlu diambil kembali. "Bapak, hanya benderanya saja," ucap Jokowi menirukan jawaban Ruth saat itu.

Kendati demikian, Jokowi menilai pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT RI ke-72 ini tetap berlangsung dengan lancar. Jokowi pun mengingatkan, pentingnya dilakukan gladi bersih agar seluruh acara berjalan baik dan lancar di setiap penyelenggaraan kegiatan.