Selasa , 22 August 2017, 04:30 WIB

Amien Rais: Jangan Ada Kelompok Merasa Paling Pancasilais

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/Agung Supri
Amien Rais
Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tokoh nasional yang juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais hadir dalam Pembukaan Rakernas PAN di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Senin (21/8). Amien memuji pidato kebangsaan yang disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tentang persatuan Indonesia.

Amien menilai pidato yang disampaikan memang tepat mengingatkan komponen bangsa tentang kondisi Indonesia saat ini. Di mana keegoisan kelompok dapat memicu perpecahan persatuan.

"Pada semua komponen bangsa jangan sampai ada kelompok merasa paling pancasilais, paling NKRI, paling cinta tanah air, paling patriot. Itu namanya cara berpikir yang sangat egois, sangat takabur, dan bisa kesandung nantinya," katanya usai pembukaan Rakernas.

Menurutnya semua kelompok memiliki tingkat dan derajat yang sama. Sehingga tidak boleh merasa paling benar dan menganggap kelompok lain lebih buruk daripada golongannya.

Karenanya lewat pidato Kebangsaan Zulikifli, ia merasa sangat tepat menyentuh seluruh masyarakat untuk tetap menjaga persatuan Indonesia dengan berlandaskan empat pilar. Keberagaman dinilainya bukan menjadi alasan perpecahan.

"Merawat kebhinekaan, merawat NKRI, merawat Pancasila, merawat UUD 1945. Mengingatkan bahwa bangsa ini jangan terpecah belah," ujarnya.

Sebelumnya, Zulkifli mengatakan tugas bangsa Indonesia saat ini bukan hanya mengejar ketertinggalan kita di berbagai bidang demi kesejahteraan masyarakat. Namun ada tugas yang juga tak kalah penting ialah menjaga persatuan bangsa.

Menurut Zulkifli saat ini tantangan terbesar bangsa Indonesia adalah kepungan salah paham yang kerap menjadi isu pemecah belah bangsa. Mulai dari salah paham beragama, politik dan berdemokrasi, hingga pemaknaan sejarah.