Selasa , 19 September 2017, 12:46 WIB

Emil: PPP Menyaratkan Saya untuk Bela Kepentingan Islam

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andri Saubani
Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bakal calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, dalam waktu dekat akan ada tambahan partai yang akan mendukungnya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 mendatang. Partai itu adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ia menuturkan, PPP tidak meminta mahar apa pun dalam dukungannya. Syarat dukungan PPP, kata Emil, dia diminta membela lebih besar kepentingan Islam karena PPP memang partai yang bernapaskan gerakan Islam.

Wali Kota Bandung ini mengatakan, jika PPP memberikan kepastian secara resmi dukungannya, maka koalisinya akan genap dan mencukupi syarat pengusungan.

Ia pun berharap deklarasi pencalonan bisa dilakukan. "Saya teh pengantinnya bukan pemimpin koalisinya. Jadi saya serahkan kepada koalisi untuk mengatur momen acara seperti apa. Kalau sudah genap sebaiknya dideklarasikan sehingga jadi pasangan paling siap," tuturnya.

Disinggung soal peluang diusung partai lainnya, Emil menyebutkan dinamika politik masih bisa berubah-ubah hingga waktu pendaftaran nanti. Hingga saat ini baru Partai Nasdem dan PKB yang telah resmi mendukungnya. Lewat dukungan dua partai ini, Emil telah mendapatkan 12 kursi dari syarat 20 kursi yang harus didapatkannya agar bisa melenggang dalam kontestasi Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang.