Kamis , 21 September 2017, 11:51 WIB

Pilgub 2018, PDIP Jatim Tunggu Keputusan DPP

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan
Antara/Rahmad
Pilkada Serentak (Ilustrasi)
Pilkada Serentak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Kusnadi mengungkapkan, hingga saat ini masih menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat terkait nama Bacagub-Bacawagub yang akan diusung partai berlambang kepala banteng di Pilgub Jatim 2018. Kusnadi berharap, pengumuman nama-nama itu bisa dilakukan di bulan September ini.

"Ya harapan kita memang bulan ini (diumumkan). Tapi sampai sekarang DPP belum ada putusan, atau sudah ada putusan tapi belum sampai ke kita," kata Kusnadi saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (21/9).

Kusnadi kemudian mengungkapkan nama-nama yang sudah mengikuti uji kelayakan di partainya, baik sebagai bakal calon gunernur ataupun bakal calon wakil gubernur. Untuk nama bakal calon gubernur, kata Kusnadi, hanya Saefullah Yusuf (Gus Ipul) yang mendaftar di PDIP dan telah mengikuti uji kelayakan.

Sementara, untuk bakal calon wakil gubernur, ada lima nama yang mendaftar dimana empat diantaranya mengikuti fit and proper test. Keempat nama itu adalah dirinya sendiri, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono dan kader internal PDIP Jatim Suhandoyo.

Sementara kader PDIP lainnya, Said Abdullah tidak diundang mengikuti uji kelayakan karena tidak mengembalikan formulir pendaftaran. "Calon wakilnya (yang daftar di PDIP) itu ada lima. Saya sendiri, Pak Anas, Pak Kanang (sapaan akrab Bupati Ngawi Budi Sulistyono), Pak Handoyo, Pak Said Abdullah. Pak Said Abdullah tidak mengembalikan formulir pendaftaranya sehingga tidak diundang fit and proper test," ucap Kusnadi.