Kamis , 19 October 2017, 06:15 WIB

Luhut: Pemerintahan Jokowi Sebaiknya Diteruskan Dua Periode

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Bayu Hermawan
Antara/Sigid Kurniawan
Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan
Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan menilai bahwa pembangunan harus dilakuan secara berkelanjutan. Pada tiga tahun era pemerintahan Jokowi JK kali ini, ia meminta semua pihak bisa untuk mendukung kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintahan era kali ini.

Luhut mengatakan, jangan sampai pembangunan yang sedang dilakukan dan dikerjakan saat ini malah digergaji atau dipangkas sehingga pembangunan negara tak pernah tuntas. Dalam persentasinya pencapaian tiga tahun pemerintahan Jokowi JK, Luhut mengisyaratkan bahwa baiknya pemerintahan ini bisa diteruskan hingga periode dua nanti. Hal ini ia nilai perlu, karena proses pembangunan yang sudah berlangsung saat ini perlu dituntaskan dan membutuhkan waktu 3 sampai 4 tahun mendatang.

"Kita jangan pangkas kerjanya Pak Jokowi. Kalau sudah selesai term 2 baru nanti dilanjutkan. Jangan jadi tukang gergaji, jangan jadi negara yang gergaji terus. Jadi biar Pak Jokowi yang selesaikan dulu," ujar Luhut di Kantor Staff Kepresidenan, Rabu (18/10).

Luhut menjelaskan pada dua tahun sisa pekerjaan pemerintahan Jokowi JK kali ini ia menilai pemerintah perlu meningkatkan team work. Kerjasama dan kordinasi yang komperhensif dalam menyelesaikan proyek proyek strategis nasional diperlukan.

"Dua tahun kedepan, pikiran saya, melihat capaian infrastruktur capai 90 persen. Kalau lebih Alhamdulillah. Kedua, program dana desa akan mulai berbuah. Kalau infrastruktur jalan, dana desa jalan. Nah ini bisa mengurangi gini ratio. Nah ini isu kita kedepan. Kalau kita kerja teamwork begini. Dana ke daerah dan kontrol bagus, saya optimistis bisa capai itu. dan kita fokus," katanya.

Pada tahun ketiga ini, Luhut menjelaskan banyak pekerjaan khususnya Infrastruktur yang masih perlu diselesaikan. Sektor infrastruktur menurut Luhut perlu dikebut agar bisa selesai sebelum memasuki tahun politik.

Ia mengaku memang dari target yang dipasang pemerintah selama ini belum semuanya selesai dan terealisasi. Beberapa proyek masih berada dalam tahap penyelesaian, beberapa proyek ada yang baru akan mulai dibangun.

"Kalau bicara memuaskan ya memang targetnya belum semua bisa diselesaikan karena baru 3 tahun. Banyak sih di bidang infrastruktur," ujar Luhut.