Selasa , 07 November 2017, 07:15 WIB

Dedi Mulyadi Hadiri Acara PDIP, Ini Kata Sekjen Golkar

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/Ita Nina Winarsih
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham berkeyakinan kuat Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi tidak akan mengkhianati partai. Kendati pun, Bupati Purwakarta tersebut beberapa waktu terakhir kerap hadir di acara PDI Perjuangan, termasuk ajang Curah Gagasan penjaringan calon gubernur Jawa Barat dari PDIP.

Adapun sikap ini diketahui terjadi pasca DPP Partai Golkar memastikan tak akan mengusung Dedi, melainkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien di Pilkada Jawa Barat. Namun Idrus justru memandang kehadiran Dedi hal yang lumrah, mengingat Partai Golkar dan PDIP sebelumnya sempat berwacana mencalonkan Dedi sebagai calon gubernur.

"Saya kira tidak ada masalah (hadir di acara PDIP), silaturahmi tidak ada masalah dan ini sudah. Ya jadi saya kira ketika semua berbeda, ya dengan partai manapun, kelompok manapun, perbedaan itu tidak boleh memutus silaturahmi kita. Itu prinsip. Kita sesama anak bangsa. Sesama anak bangsa saling menghormati dan karena itu silaturahmi tetap kita lakukan,"ujar Idrus di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta pada Senin (6/11).

Apalagi menurut Idrus, hal tersebut sudah ditegaskan Dedi kepadanya secara langsung. Idrus menuturkan ucapan Dedi yang tak akan mengkhianati partai berlambang beringin itu. "Saudara Dedi menyatakan bahwa, 'apapun keputusan DPP Golkar, saya hormat. Kemudian yang kedua saya adalah kader Partai Golkar, tidak mungkin saya mengkhianati Partai Golkar," kata Idrus.

Idrus melanjutkan, kalau pun saat pertemuannya dengan Ridwan Kamil pada Sabtu (4/11) lalu tanpa kehadiran Dedi, bukan tanpa komunikasi terlebih dahulu. Menurutnya, Dedi memang berhalangan untuk ikut hadir dalam pertemuan tersebut.

"Saya bicara dengan saudara Dedi, bahkan saya mengajak tapi pada waktu itu saudara Dedi mengatakan, ya kanda saya ada acara yang sudah terjadwal sebelumnya, jadi saya berangkat sendiri," ungkapnya.

Sementara, Idrus mengatakan deklarasi dukungan resmi Partai Golkar terhadap Ridwan-Daniel akan dilakukan pada pekan ini. Setelah SK Partai Golkar kepada keduanya telah ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekjen.

"Saya sudah menunjukkan SK yang ada, setelah terlebih dahulu kita komunikasi kepada saudara Dedi sebagai ketua DPD Jabar dan kita sudah bicara tentang bagaimana seharusnya deklarasi itu kita laksanakan dan kita harapkan minggu ini sudah deklarasi itu,"ujar Idrus.