Selasa , 07 November 2017, 08:52 WIB

Panglima TNI-Panglima RTARF Bahas Keamanan ASEAN

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Joko Sadewo
dok. Republika
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Jenderal TNI Gatot Nurmatyo bersama dengan Panglima Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand Jenderal Tharnchaiyan Srisuwan membahas perkembangan keamanan kawasan ASEAN. 

Dalam keterangan pers yang Republika terima, Panglima TNI menyampaikan apresiasi kepada Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand (RTARF). Ia mengapresiasi karena selama ini RTARF telah berlangsung baik dalam kemitraan strategis antara Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

"Baik tahap pimpinan maupun operasional melalui pertemuan, latihan bersama, forum High Level Committee (HLC), serta pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan latihan," ujar Panglima TNI di Mabes RTARF, Bangkok, Thailand, Senin (6/11).

Pada kesempatan itu juga Panglima TNI menyampaikan terima kasih atas undangan Menteri Pertahanan Kerajaan Thailand untuk menghadiri pameran pertahanan dan keamanan tingkat Asia. Begitu juga terhadap undangan Pangab Thailand untuk mengadakan pertemuan di Mabes RTAF usai menghadiri pembukaan dan peninjauan pameran.

Panglima TNI juga turut menyampaikan apresiasi atas kehadiran Wakil Pangab Thailand Jenderal Haspong Yuvarnavandhana beserta rombongan yang mewakili Pangab Thailand, memenuhi undangan Panglima TNI pada peringatan HUT ke-72 TNI pada tanggal 5 Oktober 2017.

Di akhir pertemuan dalam rangka kunjungan kehormatan Panglima TNI kepada Panglima RTARF itu, Panglima TNI mengundang Pangab Thailand dan istri beserta rombongan untuk berjunjung ke acara resmi sebagai tamu kehormatan TNI dan tamu khusus Panglima TNI.