Selasa , 21 November 2017, 09:58 WIB

Perjalanan Hidup Setnov, dari Foto Model Hingga Jadi Politikus Ulung

Rep: Amri Amrullah/ Red: Karta Raharja Ucu
republika
Grafis karir Setya Novanto
Grafis karir Setya Novanto

REPUBLIKA.CO.ID, Jalan Setya Novanto menjadi politikus ulung ternyata sangat terjal. Setnov harus jatuh bangun membangun bisnisnya hingga ia menceburkan diri ke dunia politik. Berikut perjalanan hidup dan karier Setnov di dunia bisnis dan politik Indonesia.

1. Setya Novanto Lahir 12 November 1955 di Bandung, Jawa Barat dari pasangan Sewondo Mangunratsongko dan Julia Maria Sulastri.

2. Pada 1967, ia meninggalkan Bandung dan bermukim di Jakarta dan melanjutkan sekolah dasarnya di SD Negeri 6 Jakarta. Di Jakarta ia menempuh pendidikan di SMPN 73 Tebet, Jakarta Selatan.

3. Pada 1970 melanjutkan pendidikan menengah di SMA 9 (kini disebut SMAN 70). Di masa ia bertemu dengan Hayono Isman (mantan menteri Pemuda dan Olahraga kabinet Presiden Soeharto) yang dikemudian hari menjadi titik tolak upaya politiknya.

4. Pada 1973, selepas SMA melanjutkan kuliah di Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya. Saat kuliah di Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Setya dinyatakan memiliki banyak pekerjaan selama bermukim di kota tersebut. Mulai dari berjualan beras dan madu mempunyai kios di pasar Keputran, Surabaya.

5. Di Surabaya, Setnov juga sempat mendirikan CV Mandar Teguh bersama putra Direktur Bank BRI Surabaya, Hartawan. Dan pada saat yang sama ia ditawari bekerja menjual mobil salesman Suzuki untuk Indonesia Bagian Timur.

6. Pada 1974, Setnov memulai mengenal politik sebagai kader Kosgoro.

Berita Terkait