Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Fraksi PAN Klarifikasi Pernyataan Zulkifli Soal LGBT

Senin 22 January 2018 17:25 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah

Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto (tengah) bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi  (kiri), dan  anggota Komisi III Fraksi PAN Daeng Muhammad menggelar konferensi pers perkembangan terkini di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/1).

Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto (tengah) bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi (kiri), dan anggota Komisi III Fraksi PAN Daeng Muhammad menggelar konferensi pers perkembangan terkini di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (22/1).

Foto: Republika/ Wihdan
Usai Pak Zul menyampaikan itu, sekarang semua fraksi menolak LGBT, Alhamdullilah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengenai adanya lima fraksi di DPR yang mendukung Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) mendadak ramai diperbincangkan. Sekretaris Fraksi PAN, Yandri Susanto pun mencoba mengklarifikasi pernyataan Zul tersebut.

Menurutnya, Zul tidak pernah menyebut fraksi mana yang menolak dan mendukung LGBT. "Jadi dia mengonfirmasi dari media online itu, bukan empat yang menolak karena di situ tidak ditulis fraksi PAN. Ada empat fraksi yang ditulis, tidak termasuk PAN yang ditulis. Kata Bang Zul tidak, PAN pun menolak. Jadi ada lima (fraksi) yang menolak," kata Yandri.

Menurut Yandri, jika kemudian disimpulkan ada lima fraksi yang menolak dan lima yang mendukung, itu hanya bahasa media. Yandri kembali membantah Zul pernah menyebut fraksi yang setuju maupun menolak. Dengan peristiwa itu Yandri menilai ada hikmah besar yang bisa didapat. "Usai Pak Zul menyampaikan itu kan sekarang semua fraksi menolak LGBT, Alhamdullilah," ujarnya.

Yandri pun kemudian membantah jika pernyataan Ketua MPR tersebut disebut-sebut adalah upaya untuk menaikkan popularitas PAN semata. Menurutnya, masalah LGBT adalah masalah prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak hanya soal tahun politik. "Jadi ini masalah prinsip bagi Bang Zul, prinsip bagi PAN bahwa LGBT ini tidak ada kaitan dengan tahun politik," ucapnya

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA