Friday, 11 Sya'ban 1439 / 27 April 2018

Friday, 11 Sya'ban 1439 / 27 April 2018

Jika Diabaikan Demokrat, TGB Bisa Dilamar Partai Lain

Jumat 16 March 2018 16:09 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bilal Ramadhan

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB)

Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB)

Foto: dok. Humas Pemprov NTB
TGB memiliki massa pendukung riil karena sukses menjadi Gubernur NTB sekaligus ulama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Nusa Tenggara Barat TGB M Zainul Majdi kemungkinan akan diusung oleh partai politik lain. Hal ini terjadi jika Partai Demokrat tidak mengusungnya sebagai capres atau cawapres.

Pendiri lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri B Satrio menilai TGB memiliki massa yang nyata. Sebab, dia sukses menjabat gubernur selama dua periode dan pemuka agama Islam.

"Sangat mungkin TGB diambil oleh parpol lain. Karena dia punya massa riil, gubernur dan pemuka agama Islam. Dia punya massa yang tidak dimiliki kandidat lain," ujar Hendri kepada Republika.co.id, Jumat (16/3).

Menurut Hendri, apabila Partai Demokrat mengabaikan sosok TGB dan lebih memilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai capres atau cawapres, parpol lain akan segera melamar TGB. Parpol lain tersebut, antara lain, Gerindra, PKS, PPP, dan Hanura.

"Cepat atau lambat pasti ada yang melamar TGB karena kemampuan dan daya massa yang cukup besar," tuturnya.

Di sisi lain, Hendri juga menilai bahwa Jokowi dan PDIP akan mendekati TGB untuk menjadikannya cawapres. Dengan menjadikan TGB sebagai cawapres, elektabilitas Jokowi akan kembali naik. "Naik banget karena TGB bisa mendekatkan Jokowi dengan umat Islam," kata Hendri.

Kendati begitu, ia menilai elektabilitas TGB masih tetap tinggi apabila dia dicalonkan sebagai presiden melawan Jokowi. "Peluangnya sama (jadi capres atau cawapres)," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES