Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Wednesday, 8 Ramadhan 1439 / 23 May 2018

Cawapres untuk Prabowo akan Diumumkan Bulan Depan

Ahad 06 May 2018 20:17 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Foto: Antara/Umarul Faruq
Cawapres untuk Prabowo berasal dari sembilan nama yang disodorkan PKS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono,  memastikan pengumuman cawapres untuk Prabowo dilakukan bulan depan. Pernyataan Ferry itu merespons keinginan PKS yang meminta kepastian cawapres Prabowo.

"Bulan depan kita umumkan," kata  Ferry saat dihubungi, Ahad (6/5).

Ferry juga mengatakan, cawapres Prabowo berasal dari sembilan nama yang telah disodorkan PKS. Namun, saat disinggung tepatnya nama dari sembilan tokoh tersebut, Ferry enggan menjawabnya.

"Ya, ya, ya pokoknya bulan depan kita umumkan ya," ujar Ferry menutup pembicaraan.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid membenarkan penggodokan sembilan nama calon wakil presiden (cawapres) yang disiapkan PKS telah selesai. Namun, ia membantah tiga nama yang mengerucut untuk menjadi cawapres dari Prabowo.

"Nggak benar itu kalau mengerucut, kalau penggodokan ya sudah selesai, tapi kita nggak mengenal pengerucutan, hanya mengenal sembilan nama yang disampaikan ke mitra koalisi untuk diputuskan bersama," ujar Hidayat saat dihubungi wartawan, Ahad (6/5).

Menurut Hidayat, sudah ada tim yang dibentuk Majelis Syuro PKS dengan mitra koalisi yakni Partai Gerindra untuk mengkaji nama-nama cawapres bagi Prabowo. Ia melanjutkan, kalaupun sekarang beredar ada tiga nama yang mengerucut seperti nama Ahmad Heryawan, Anis Matta, dan Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR tersebut bagian respons dari mitra koalisi.

"Boleh saja adayang mengatakan demikian, artinya dari mitra koalisi sudah merespons, ya respons itu boleh saja tapi kan itu belum respons final dan bukan yang kami ajukan artinyakami tidak hanya mengajukan tiga nama, tapi sembilan nama," kata Hidayat.

Ia menegaskan, komunikasi saat itu juga terus berjalan antara PKS dengan Gerindra. Saat ini tinggal bagaimana keputusan antara PKS dan Gerindra terkait nama cawapres.

"Hari ini kan ada pertemuan antara Pak Prabowo yang mengajak Pak Sohibul di Jatim, artinya komunikasi terus berjalan dan kita saling bertanggung jawab dalam komunikasi yang kita lakukan," kata Hidayat.

Hidayat melanjutkan, yang penting PKS berharap agar pengumuman nama cawapres tersebut dilakukan sebelum pelaksanaan Pilkada 2018 atau kalau bisa sebelum bulan Ramadhan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES