Rabu , 19 July 2017, 16:46 WIB

Anies Baswedan Hadiri Panen Padi Binaan Muhammadiyah DIY

Red: Yusuf Assidiq
Dokumen
Panen raya padi dan ikan di Kwarasan.
Panen raya padi dan ikan di Kwarasan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan menghadiri panen raya padi dan ikan di Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Sleman, DIY, Rabu (19/7). Hasil panen itu merupakan salah satu binaan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY bersama MPM Sleman dan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) DIY.

Ketua MPM PWM DIY, Dwi Kuswantoro, menjelaskan budi daya padi yang dilakukan tersebut ditanam dengan pendekatan System of Rice Intensification (SRI) dan tanpa menggunakan pestisida kimia. Sehingga beras yang dihasilkan adalah produk yang lebih sehat.

“Setelah padi cukup besar kemudian dikombinasikan dengan sistem mina padi, yaitu juga dibudidayakan ikan nila dalam sawah tersebut, sehingga petani mendapatkan dua keuntungan, yaitu hasil panen padi dan ikan,” jelas Dwi.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan, mengatakan kunjungannya ke Yogyakarta selain untuk silaturahim juga untuk mengeksplorasi potensi kerja sama yang dapat dilakukan antara Pemerintah DKI Jakarta dengan Yogyakarta ke depan.

“Yogyakarta memiliki potensi yang cukup besar dalam hal kerja sama, khususnya Kabupaten Sleman dengan sistem pertaniannya,” ujar Anies, dikutip dari laman muhammadiyah.or.id.

Dalam kesempatan itu Anies juga menyampaikan bahwa salah satu masalah yang cukup besar dialami Ibu Kota Jakarta ialah biaya hidup yang tinggi. Sehingga untuk mengatasinya perlu ada tingkat produksi yang tinggi dalam berbagai bidang.

“Dengan pembinaan sistem mina padi yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah ini saya rasa dapat diterapkan di Jakarta, untuk menunjang tingkat produksi masyarakat dalam bidang pertanian dan perikanan,”  katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Sleman Sri Purnomo, Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto, Ketua PWM DIY Gita Danu Pranata, dan Ketua MPM PP Muhammadiyah M Nurul Yamie.