Ahad , 10 September 2017, 16:15 WIB

UMM Gelar Kompetisi Sains Pelajar, Tiga Terbaik ke AS

Red: Yusuf Assidiq
Dokumen
Peserta kompetisi Sains Pelajar.
Peserta kompetisi Sains Pelajar.

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG -- American Corner (AmCor) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar kompetisi sains pelajar tingkat nasional, yaitu Youth Eco-Tech National Competition 2017. Kegiatan ini untuk mewadahi kreativitas dan inovasi pelajar Indonesia.

Kompetisi yang berlangsung dua hari  (7-8/9) diadakan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika di Indonesia. Diikuti 54 tim dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbegai daerah di Indonesia, ajang ini menghasilkan 11 tim finalis.

Hasilnya, kata staf AmCor UMM Heru Wibowo, tiga tim terbaik diberikan kado spesial, yaitu diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk mengikuti Science Tour selama lima hari.

Tiga tim yang beruntung tersebut yaitu juara 1 diraih SMKN 2 Koba Bangka Belitung dengan inovasi Magicbox Holtikultura, juara 2 oleh SMKN 8 Malang dengan karya Automatic Plant Treatment System, dan juara 3 diraih SMKN 5 Surabaya dengan karya Budidaya Aquaponik dari Air Limbah.

Kompetisi sains ini, ujar Heru, dalam siaran pers, sangat menarik karena mengusung konsep ramah lingkungan. Sebelas finalis terpilih tidak hanya memamerkan hasil karya mereka saja, namun juga mempresentasikan di hadapan Cultural Attache US Embassy Jakarta, Karen Schinnerer.

Selepas kompetisi, diadakan workshop tentang strategi penemuan teknologi ramah lingkungan oleh dosen Program Studi Biologi UMM, Dr Aniek Iriany.