Ahad , 12 November 2017, 12:56 WIB

RS PKU Muhammadiyah Gelar Periksa Kesehatan Gratis

Rep: Andrian Saputra/ Red: Gita Amanda
Andrian Saputra/REPUBLIKA
Memperingati hari kesehatan nasional, RS PKU Muhammadiyah Solo menggelar cek kesehatan gratis.
Memperingati hari kesehatan nasional, RS PKU Muhammadiyah Solo menggelar cek kesehatan gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Memperingati hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53,Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta menggelar pemeriksaan kesehatan geratis bagi warga Solo. Pemeriksaan kesehatan berlangsung di acara Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, pada Ahad (12/11).

Periksa kesehatan gratis yang diberikan meliputi pemeriksaan tensi tekanan darah dan pemeriksaan gula darah. Warga pun antusias mendatangi stand pemeriksaan kesehatan tersebut. Mereka mengantre rapi menunggu giliran untuk diperiksa.

Salah satu pengunjung, Slamet (50 tahun) merasa terbantu dengan adanya periksa kesehatan gratis itu, terutama pemeriksaan laboratorium gula darah. Sebab untuk cek glukosa darah biasanya Slamet harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 30 ribu. Mumpung ini gratis dan saya kebetulan lewat jadi sekalian mampir saja. "Mau beli alatnya mahal, kalau periksa ada biayanya juga tapi ini gratis," tutur Slamet.

Begitupun dengan Ami Hamdi (42 tahun) yang ikut mengantre untuk memeriksakan kesehatannya. Ia berinisiatif untuk datang ke stand pemeriksaan kesehatan PKU Muhammadiyah setelah mengalami sakit kepala pada malam harinya. "Semalem sampai tak bisa tidur, sakit kepalanya. Pagi katanya cek gratis. Ya saya datang saja," katanya.

Usai periksa kesehatan, warga yang mengalami gangguan kesehatan fisik tertentu mendapat rekomendasi untuk mengkonsumsi obat-obat sesuai penyakit yang dideritanya. Selain periksa kesehatan gratis, RS PKU Muhammadiyah juga mengisi Hari Kesehatan Nasional dengan beragam kegiatan seperti senam dan konsultasi kesehatan meliputi konsultasi gizi anak, psikologi, konsultasi anak, konsultasi kebinanan dan penyakit kandungan, konsultasi jantung, laktasi dan ASI Ekslusif. Pada kesempatan itu, RS PKUMuhammadiyah juga memperkenalkan Club Parenting Smart Mom Solo, sebuah wadah bagi ibu-ibu untuk saling berbagi pengetahuan tentang pengasuhan dan pendidikan anak. Diharapkan kehadiran Club Parenting itu dapat menambah wawasan orang tua terkait tumbuh kembang anak.

"Ini menjadi wadah baru terutama bagi ibu-ibu yang konsen terhadap tumbuh kembang anak. Apalagi Solo merupakan kota ramah anak, PKU Muhammadiyah mendukung itu maka kita pun menjadi rumah sakit yang ramah anak," tutur Kepala Komunikasi RS PKU Muhammadiyah, Betty Andriani.

Disamping itu, Betty mengatakan sebagai bentuk simpatik bagi pasien, RS PKU Muhammadiyah juga membagi-bagikan cindera mata bagi pasien rawat jalan.