Rabu , 29 November 2017, 18:19 WIB

UMM Tuan Rumah Jambore Nasional MDMC

Red: Yusuf Assidiq
Dokumen.
Salah satu kegiatan MDMC.
Salah satu kegiatan MDMC.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG --  Univesitas Muhammadiyah Malang (UMM) tengah bersiap menjadi tuan rumah Jambore Nasional yang diadakan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Kegiatan yang berlangsung selama empat hari, yaitu 1-4 Desember 2017 ini, akan dihadiri kurang lebih 2.000 relawan yang berasal dari perwakilan anggota Muhammadiyah dan Aisyiah.

Kegiatan dijadwalkan akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan.

Mengusung tema 'Merekat Kebersamaan, Meningkatkan Ketangguhan', kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi seluruh anggota siaga bencana Muhammadiyah dan Aisyiah dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, kesiapan setiap daerah untuk menangani bencana dengan cepat juga perlu untuk diasah.

Wakil ketua panitia kegiatan, Zakarija Achmat, memamaparkan bahwa kegiatan ini juga sebagai sarana peningkatan kapasitas dan kredibiltas tim relawan Muhammadiyah dan Aisyiyah yang tergabung dalam tim relawan naungan Muhammadiyah lainnya.

"Kegiatan ini memang awalnya sebagai sarana silaturahim antar anggota MDMC, namun dalam rangkaian kegiatan silaturahim juga harus dapat meningkatkan kapasitas dan kredibilitas anggota," kata Zakarija, dalam siaran pers.

Rangkaian kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari ini di antaranya adalah seminar tentang kebencanaan, lomba-lomba penanganan bencana, dan simulasi penanganan bencana.