Jumat, 10 Ramadhan 1439 / 25 Mei 2018

Jumat, 10 Ramadhan 1439 / 25 Mei 2018

UMP Jalin Kerja Sama dengan Beberapa Kampus di Australia

Kamis 15 Februari 2018 00:10 WIB

Rep: eko widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Foto: wordpress.com
UMP mengukuhkan posisisnya sebagai universitas tingkat dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus mengukuhkan posisinya sebagai universitas tingkat dunia (World Class University). Upaya ini antara lain dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Terakhir, UMP menandatangani naskah kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Australia.

 

''Di Australia, kami menanda-tangani kerja sama dengan Holmesglen Institut di Melbourne dan Victoria University di negara bagian Victorial,'' kata Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kerja sama UMP Dr Jebul Suroso, dalam pesan singkatnya, Rabu (14/2).

 

Saat ini, Jebul bersama beberapa pengurus dari Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah masih berada di Australia. Jebul juga menyebutkan, dengan Victoria University pihak UMP menjalin kerja sama dalam program studi lanjut bagi para dosen, leadership training dan academic short course seperti penulisan dan publikasi ilmiah, penelitian bersama, dan pertukaran mahasiswa.

 

''Insya Allah, Juli 2018 mendatang akan ada kunjungan dari Victoria University ke UMP dalam rangka guest lecturer dan persiapan pembentukan English Learning Centre,'' jelasnya.

 

Sementara, dalam kerja sama dengan Holmesglen Institute, Jebul menyebutkan, kerja sama yang dilakukan antara lain terkait dengan bidang studi vokasi seperti bidang studi kesehatan dan teknik. ''Holmesglen Institut, selama ini dikenal sebagai perguruan tinggi terbaik untuk bidang vokasi mulai dari diploma satu hingga magister,'' kata dia.

 

Bahkan, selain menjalin kerja sama dengan kedua universitas tersebut, Jebul menyebutkan, UMP juga menandatangani naskah kerja sama dengan departemen pendidikan negara bagian Victoria agar program kerja sama baik di bidang staf, pertukaran pelajar, ataupun studi lanjut dengan Victoria University bisa berjalan lebih baik.

 

Menurutnya, kunjungan bersama Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah ini dilakukan dalam rangka internasionalisasi dawah Muhammadiyah melalui bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan pengembangan ekonomi umat untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa dan umat.

 

''Dalam waktu dekat, Muhammadiyah akan mendirikan Sekolah Pendidikan Islam di Australia, mulai dari pendidikan dasar hingga menengah yang bertujuan untuk mengenalkan Islam yang damai dan berkemajuan di Australia,'' kata dia.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA