Sabtu , 28 September 2013, 21:37 WIB

Mentan Ajak Asean Plus Three Kerja Sama Pangan

Rep: Hafidz Muftisany/ Red: Mansyur Faqih
Republika/Aditya Pradana Putra
Menteri Pertanian Suswono
Menteri Pertanian Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Indonesia mengusulkan Asean meningkatkan level kerja sama dan hubungan baiknya dengan Jepang, Korea, dan Cina dalam kerangka Asean Plus Three. Ketiga negara tersebut selama ini menjadi mitra strategis Asean dalam menghadapi persoalan pangan dan pertanian.   

Menteri Pertanian Suswono mengatakan hal itu dalam pertemuan ke 13 menteri pertanian dan kehutanan Asean dengan tiga negara mitra Cina, Jepang, dan Korea Selatan, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Suswono mengemukakan, Indonesia bersama negara Asean Plus Three memiliki tanggung jawab yang sama untuk memastikan ketahanan pangan dan pertanian. Untuk itu Indonesia menegaskan kembali dukungannya terhadap berbagai langkah nyata untuk menjaga ketahanan pangan dan keamanan pertanian di kawasan.

"Saya ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama bahu membahu menciptakan ketahanan pangan. Bukan hanya untuk generasi kita, tetapi juga untuk anak cucu kita," kata Suswono dalam pesan tertulis yang diterima Republika, Sabtu (28/9).

Suswono menyampaikan, Indonesia mengapresiasi kerja sama antara Asean dengan tiga negara mitranya dalam bidang pangan dan pertanian. Kerja sama tersebut memberikan kontribusi yang cukup besar di sektor pangan dan pertanian di negara-negara Asean. Khususnya untuk menghadapi Asean Commmunity 2015

Mentan juga melihat sejumlah kemajuan dan adanya langkah konkrit dalam kerja sama tersebut. Namun Indonesia meyakini masih banyak ruang untuk lebih meningkatkan kerja sama di banyak bidang. Seperti upaya mengatasi isu perubahan iklim dan pengembangan bio energi, memperbaharui pengembangan teknologi transfer, riset dan pengembangan, dan sejumlah bidang lainnya.