Jumat , 14 February 2014, 11:12 WIB

Warga Sungailiat Tangkap Buaya Sepanjang Empat Meter

Red: Muhammad Fakhruddin
Republika
 Petugas satwa merelokasi buaya muara (Crocodylus Porosus) dari kandang sementara mereka ke kandang pertunjukan yang telah selesai direnovasi di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (10/2).   (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Petugas satwa merelokasi buaya muara (Crocodylus Porosus) dari kandang sementara mereka ke kandang pertunjukan yang telah selesai direnovasi di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (10/2). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Warga Desa Gedong, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (13/2), berhasil menangkap buaya berukuran empat meter dengan berat 300 kilogram.

"Saya bersama warga lainnya berhasil menangkap buaya berukuran empat meter dengan berat 300 kilogram dengan menggunakan umpan pancing seekor monyet bakau," kata salah warga Mang Yasak di Sungailiat, Jumat (14/2).

Ia mengatakan, dirinya berhasil memancing buaya seberat itu di sungai Selayu selama menunggu dua hari karena pada hari pertama buaya tidak mau makan umpan pancing. "Kami memang dituntut bersabar pada saat memancing buaya itu, karena selain menunggu dua hari buaya itu juga tidak langsung memakan umpan pancing dengan menggunakan rotan sebagai tali pancingnya," katanya.

Menurutnya, buaya yang berhasil ditangkapnya itu diduga buaya memakan tubuh pekerja tambang biji timah bernama Masuni als Upin, 28 tahun,warga desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat , yang terjadi Senin (10/2).

Jasad Masuni alias Upin ditemukan pada hari Rabu (12/2) dengan kondisi mayat yang membusuk dengan sebagai organ tubuh yang rusak akibat dugaan gigitan buaya.

Mang Yasak mengatakan, dirinya bersama dengan warga lainnya masih memasang enam buah pancing lagi untuk menangkap buaya lainnya yang diduga masih terdapat di sungai itu. "Keberadaan beberapa ekor di sungai Selayu dirasa sangat menganggu masyarakat terutama bagi para nelayan yang mencari ikan di sungai itu," jelasnya.

Ia mengatakan, buaya yang berhasil ditangkap akan dipotong dan dagingnya akan dibagikan kepada warga yang mau memakannya.

Sumber : Antara