Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Iriana Widodo Luncurkan Program Deteksi Dini Kanker

Selasa 21 April 2015 09:51 WIB

Red: Esthi Maharani

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Ketua Dewan pembina Organisasi Aksi Solidartas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) akan meluncurkan pencanangan program nasional peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia 2015-2019.

Dalam siaran pers OASE-KK, Selasa, (21/4) pencanangan program nasional "Percepatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia" untuk periode 2015-2019 oleh Ibu Iriana Joko Widodo ini dipusatkan di Puskesmas Nanggulan Kulon Progo dan 10 kota lain di Indonesia.

Untuk daerah-daerah dokter dan tenaga medisnya terbatas, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) diharapkan dapat mengidentifikasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan yang telah memiliki paket "flying health care". Paket ini adalah bagian dari mutu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Dalam Rencana Strategis 2014-2019, Kementerian Kesehatan telah mencanangkan FKTP bagi daerah terpencil dan sangat terpencil dan kabupaten/kota yang tidak memiliki dokter spesialis. Selain itu "flying doctors" juga sudah menjadi bagian dari program global MDGs (Millennium Development Goals).

Dengan dikoordinasikan oleh para pendamping menteri dan pejabat eksekutif dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK di dalam OASE-KK, kader ibu-ibu PKK seluruh Indonesia memang wajib menjadi agen perubahan yang paling komprehensif.

Program ini juga dicanangkan secara bersamaan di kota, yakni:

1. Puskesmas Tg Morawa Sumatera Utara

2. Puskesmas Dempo, Sumatera Selatan

3. Puskesmas Panjang, Lampung

4. Puskesmas Jatinegara dan Ruang Situasi Kemenkes, DKI Jakarta

5. Puskesmas Kota Serang, Banten

6. Puskesmas Klari, Jawa Barat

7. Puskesmas Wiradesa, Jawa Tengah

8. Puskesmas Nanggulan, Kulon Progo, DI Yogyakarta

9. Puskesmas Pulolor, Jawa Timur

10. Puskesmas Batua, Sulawesi Selatan

11. Puskesmas Bakunase, Kupang NTT

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES