Jumat , 09 October 2015, 22:03 WIB

UI Kirim Tim Kesehatan ke Riau

Red: M Akbar
ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Pengendara sepeda motor melintasi jalan ketika kabut asap pekat menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (4/10).
Pengendara sepeda motor melintasi jalan ketika kabut asap pekat menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) Jakarta mengirim tim kesehatan ke Riau untuk memberikan pengobatan gratis dan pembagian masker di Riau yang terkena dampak dari kebakaran hutan dengan asap yang pekat.

"Tim yang terdiri sekitar 14-20 orang akan berangkat pada Rabu (14/10)," kata Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Indonesia UI Ale Berawi di kampus UI Depok, Jumat (9/10).

Tim terdiri dari tenaga medis berupa dokter muda, dokter dan mahasiswa untuk memberikan pengobatan penderita Inspeksi Saluaran Pernafasan Akut (ISPA). Selain itu ada juga tim dari pencinta alam dan civitas akademika.

"Tim akan memberikan 1.500 masker pada masyarakat di Riau," katanya.

Pengiriman ini adalah sebagai bentuk kepedulian UI terhadap bencana yang terjadi di Tanah Air. Tim UI Peduli merupakan gerakan dari UI dalam rangka membantu meringankan penderitaan korban bencana asap.

Menurut dia, sebagai insan akademis kita tetap peduli dan ingin memberikan bantuan konkret pada masyarakat di sana. Kami warga UI memiliki agenda kegiatan rutin dalam merespons segala kejadian bencana yang terjadi di Indonesia.

UI Peduli sebelumnya sudah sering turun langsung memberikan bantuan. Pada tahun 2009 pernah diterjunkan ke Padang saat bencana gempa. Kemudian UI Peduli juga pernah diterjunkan saat kejadian banjir di Cilincing dan Muara Angke.

"Kita tentunya konsen untuk membantu masyarakat yang terkena bencana," ujarnya.

Sumber : Antara