Senin , 25 Januari 2016, 15:55 WIB

Sekjen PKBSI: Pertumbuhan Lembaga Konservasi Terus Bertambah

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Winda Destiana Putri
Antara/Jafkhairi
Pengunjung menyaksikan atraksi gajah di arena rekreasi Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, Jabar
Pengunjung menyaksikan atraksi gajah di arena rekreasi Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekjen Persatuan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) Tony Sumampau mengatakan, pertumbuhan lembaga konservasi, kebun binatang dan taman satwa di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya.

"Dari data Kementrian LHK, saat ini terdapat 67 unit Lembaga Konservasi (LK) yang telah teregister dan sebanyak 53 LK sudah masuk keanggotan PKBSI," kata Tony dalam acara Workshop Global Spesies Management Plan Untuk Banteng, Anoa dan Babirusa di Cisarua, Bogor, Senin (25/1).

Tony berharap agar LK yang belum bergabung dapat segera bersama-sama dalam satu induk organisasi perkebunbinatangan di Indonesia, yaitu PKBSI, agar dapat maju bersama dapat saling membantu dan kebun binatang dapat menjalankan tugas sesuai peran dan fungsinya.

Tony berkata, dengan jumlah pertumbuhan LK yang begitu signifikan dari tahun ke tahun ditargetkan pemerintah dapat memberikan kontribusi ex-situ conservation link to in-situ conservation.

"Kami berharap ada bantuan pemerintah. Bisa berupa tenaga ahli, sarana fasilitas atau konsep pendukunagan lain berupa keahlian," kata dia.