Selasa , 21 February 2017, 10:18 WIB
Aksi Damai 212

Jawara Betawi Tunjukkan Seni Main Pukul Saat Aksi 212

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ilham
Republika/Eko Supriyadi
Massa aksi 212 memadati depan gedung DPR/MPR, di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/2).
Massa aksi 212 memadati depan gedung DPR/MPR, di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jawara Betawi mempertontonkan seni main pukul Betawi. Tidak seperti aksi sebelumnya yang diisi dengan ceramah, aksi kali ini menonjolkan budaya Betawi.

Satu per satu jawara menunjukan kebolehan mereka di hadapan massa aksi. Pertunjukan itu pun diiringi dengan musik khas yang diputar saat pertunjukan kesenian beladiri.

Jawara-jawara Betawi itu datang dari berbagai macam perguruan di seluruh Jakarta dan sekitarnya. ''Ada 316 macam seni main pukul di tanah Betawi,'' kata salah seorang orator yang menjelaskan seni main pukul dari atas mobil komando.

Seni main pukul tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi ribuan massa aksi yang diguyur hujan sejak pagi. Mereka dengan tertib baik sambil duduk maupun berdiri menyaksikan aksi dari jawara-jawara yang ada.

Massa aksi datang ke gedung DPR/MPR sejak pukul 06.00 WIB. Meski diguyur hujan, massa aksi terus berdatangan memadati Jalan Gatot Subroto. Akibatnya, jalan tersebut ditutup sementara dan dialihkan ke beberapa ruas jalan.