Ahad 26 Feb 2017 22:16 WIB

Wartawan Republika Juara Anugerah Pewarta Astra 2016

Hadir selaku juri blogger Enda Nasution dan fotografer Arbain Rambey.

Pemenang Anugerah Pewarta Astra 2016.
Foto: erik purnama putra
Pemenang Anugerah Pewarta Astra 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wartawan Republika, Erik Purnama Putra meraih juara 1 lomba Anugerah Pewarta Astra (APA) 2016 kategori wartawan. Pada APA 2015, Erik Purnama Putra hanya mampu menjadi juara Harapan III.

Prosesi awarding APA dan Lomba Foto Astra (LFA) 2016 digelar di sela-sela HUT ke-60 Tahun Astra di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (25/2) malam WIB. Hadir dalam acara itu, blogger Enda Nasution dan fotografer Arbain Rambey, selaku juri.

Salah satu juri APA 2016, Enda Nasution mengatakan, total karya peserta yang masuk mencapai 397 artikel, yang terbagi kategori umum/blogger dan wartawan. Selain Enda, dua juri lainnya adalah Pemred The Jakarta Post Nezar Patria dan Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Usman Kansong. "Dari sekian karya yang masuk, kita nilai dulu. Dalam rapat penjurian, kita memilih pemenang 1, 2, dan 2, juara harapan, dan favorit," kata Enda.

Menurut dia, secara umum kualitas artikel peserta sudah cukup bagus. Meski begitu, ia merasa, ada perbedaan antara tulisan yang dibuat peserta kategori wartawan dan umum. Hal itu lantaran gaya bahasa penulisan kategori umum lebih fleksibel dan tidak terikat penggunaan bahasa Indonesia baku. Meski begitu, kata dia, tiga juri berdebat hingga memberi nilai tertentu sebelum menentukan juara.

"Agak sulit karena memang digabung kategorinya. Jurnalis punya pengalaman menulis dengan baik, tapi kadang jadinya agak kaku dibanding kategori umum atau blogger. Tapi, kita sampai pada kesepakatan, para pemenang ini (karyanya) paling istimewa dibanding yang lain," tutur Enda.

Berkat karya berjudul 'Perpustakaan yang Membawa Perubahan Besar' yang dipublikasikan di Republika.co.id pada 30 November 2016, Erik Purnama Putra diganjar hadiah motor Honda CBR 150R Streetfire Spesial Edition.

Adapun juara 2 kategori wartawan direbut Slamet Harmoko (Radar Sampit) dengan hadiah motor Honda Beat, juara 3 direbut Iis Zatnika (Media Indonesia) dengan hadiah Dji Osmo X3. Selain itu, ada juara Harapan 1 diraih Ulviyatun Ni'mah (Majalah Derap Desa), dan juara Harapan 3 direbut Reni Susanti (Kompas.com), serta 10 juara favorit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement