Ahad , 12 March 2017, 13:53 WIB

Menlu Lakukan Kunjungan Kehormatan Setelah Kunjungan Raja Salman

Red: Andi Nur Aminah
Istimewa
Raja Salman dilepas Menlu dan Menag meninggalkan Bali menuju Haneda, Jepang. Berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali pukul 11.00 WITA
Raja Salman dilepas Menlu dan Menag meninggalkan Bali menuju Haneda, Jepang. Berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali pukul 11.00 WITA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan kehormatan kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud di Bali, sebelum keberangkatan Raja Saudi ke Tokyo, Jepang, setelah berlibur di Bali, 4-12 Maret 2017.

Berdasarkan akun Twitter resmi Kementerian Luar Negeri @Portal_Kemlu_RI yang dipantau dari Jakarta, Ahad (12/2) dalam pertemuan tersebut Menlu Retno menyampaikan komitmen Indonesia untuk mempererat kerja sama dan saling kunjung oleh pemerintah kedua negara. Komitmen tersebut demi mengintensifkan tindak lanjut kerja sama yang telah disepakati RI dan Arab Saudi selama kunjungan kenegaraan Raja Salman di Indonesia pada 1-4 Maret 2017.

Sebelumnya, pada Ahad pagi, Presiden Joko Widodo juga telah melakukan pembicaraan via telepon dengan Raja Salman guna menyampaikan kembali komitmen kerja sama bilateral kedua negara. Dalam pertemuan di Istana Bogor, Presiden Joko Widodo dan Raja Salman menandatangani 11 Nota Kesepahaman atau MoU, antara lain mencakup ekonomi, kebudayaan, usaha kecil dan menengah, serta industri aeronautika.

Menlu Retno dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewakili pemerintah Indonesia telah mengantarkan keberangkatan Raja Salman beserta rombongan dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, menuju Tokyo, Jepang, Ahad sekitar pukul 11.00 WITA. Menag Lukman Hakim menyampaikan salam kepada Raja dengan mengatakan Maassalamahh Dumtum fi riayatillah. Yang artinya selamat jalan kepada raja, keselamatan senantiasa beserta Yang Mulia, dan mudah-mudahan Yang Mulia berada dalam lindungan Allah SWT.

"Raja Salman selalu tersenyum ramah, menyambut, dan menyapa, serta menyalami setiap yang mengantarnya sampai ke tangga yang akan membawanya ke pintu pesawat," ujar dia.

Berdasarkan keterangan pers yang dimuat dalam laman resmi Kementerian Agama, turut serta mengantarkan keberangkatan Raja Saudi, yakni Gubernur Bali I Mangku Pastika, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah al-Shuaibi, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh, dan Kapolda Bali Petrus Reinhard Golose.

Raja Salman meninggalkan Bali setelah berlibur selama delapan hari untuk melanjutkan tur kenegaraan ke negara-negara Asia. Raja Salman selanjutnya akan ke Jepang dan Cina, setelah mengunjungi Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. 

 

Sumber : Antara