Jumat , 21 April 2017, 17:54 WIB

Sylviana Murni Terpegah, Sri Mulyani Top Influencer

Red: Heri Ruslan
ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Menteri Keuangan, Sri Mulyani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Porsi pemberitaan figur kaum perempuan di media dinilai masih minim. Berdasarkan hasil riset Indonesia Indicator (I2), dari total 14 juta berita yang diwartakan1.525 media online di Indonesia sepanjang 1 Mei 2016 sampai 16 April 2017, hanya terdapat 165 figur perempuan dari 2.500 nama yang diberitakan media. Ini artinya perempuan hanya menempati porsi sebanyak 7 persen dibandingkan figur pria.

“Dari 15 nama yang diberitakan media rata-rata hanya memunculkan satu nama perempuan. Ini hanya menunjukkan bahwa figur perempuan ini relatif jarang diberitakan media ketimbang laki-laki,” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang dalam keterangan hasil riset bertajuk “Perempuan dalam Berita” yang diterima Republika.co.id, Jumat (21/4), bertepatan dengan Hari Kartini.

I2 memberikan catatan bahwa dalam penelitian ini memasukkan semua namaperempuan, baik yang memiliki catatan positif maupun negatif (tindak kriminalitas). Dari 78 urutan nama terbanyak diberitakan media terdapat 10 nama perempuan. Dalam kategori perempuan tersebut Sylviana Murni menduduki posisi teratas sebagai “Top Person”. “Dalam istilah kami, Top Person, adalah figur yang namanya paling banyak disebut oleh media,” ungkap Rustika.

“Partisipasinya sebagai calon wakil gubernur DKI membuat Sylviana Murni mampu merebut panggung perhatian media,” kata Rustika. Setahun terakhir, Sylviana diberitakan sebanyak 40.015. Itu artinya, dalam sehari rata-rata nama Sylviana diberitakan sebanyak 114 kali. Nama Sylviana Murni sendiri tidak masuk dalam urutan 25 perempuan terbanyak diberitakan tahun lalu.

Sementara itu top person media berikutnya adalah Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Megawati diekspose media sebanyak 34.471 berita dalam satu tahun terakhir. Posisi ketiga ditempati Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan 24.563 berita. Berturut-turut adalah nama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (18.990 berita), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (17.395 berita), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (14.064 berita), Menteri BUMN Rini Soemarno (13.407 berita), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (13.398 berita), Menko PMK Puan Maharani (11.512 berita) serta pedangdut Ayu Tingting (10.534 berita).

Sri Mulyani Influencer
Upaya perempuan menembus paper ceiling atau tantangan agar media memberikan ruang dan mengutip pernyataan dari tokoh perempuan, di tahun ini terlihat lebih baik dari tahun lalu. Dilihat dari hasil riset 2016, pada penelurusan 100 nama teratas, hanya terdapat 5 orang perempuan. Sedangkan di tahun ini, jumlah tersebut meningkat menjadi 12 orang.

Setahun terakhir, Menkeu Sri Mulyani Indrawati tercatat sebagai Top Influencer, aliasfigur yang paling banyak dikutip pernyataannya di media. “Influencer dapat dikatakanpihak yang berpengaruh karena penyataannya disebarluaskan oleh media, dan berpotensi membentuk opini publik,” kata Rustika. Nama Sri Mulyani juga baru meroket di tahun ini. Dari sebanyak 14 juta pemberitaan 1.525 media online tersebut,pernyataan Sri Mulyani Indrawati paling banyak dikutip di seluruh media berbahasa Indonesia, yakni mencapai 99.218 pernyataan.

Posisi top influencer kedua ditempati Retno Marsudi dengan 70.155 pernyataan. Posisi ketiga ditempati Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan 59.950 pernyataan, dan posisi keempat ditempati Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 52.499 pernyataan.

Tokoh perempuan lainnya yang masuk 10 besar influencer media berturut-turut adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (47.533 pernyataan), Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (40.820 pernyataan), Jubir KPK Yuyuk Andrianti 38.526, Menteri BUMN Rini Soemarno (33.110 pernyataan), Kabid Humas Polda Sumatra Utara Rina Sari Ginting (29.975 pernyataan), serta Menko PMK Puan Maharani (26.107 pernyataan).

“Munculnya nama-nama baru serta peningkatan jumlah perempuan dalam daftar orang paling berpengaruh dalam memberikan wacana di media patut diapresiasi. Ruangpublik, setidaknya ruang pemberitaan di media semakin konsisten berupaya meningkatkan akses bagi perempuan,” ungkap Rustika.

Artis Mendominasi
I2 juga melakukan riset terhadap 165 figur perempuan dari 2500 urutan nama yang paling banyak diberitakan media berdasarkan profesinya. Meskipun urutan teratas influencer didominasi oleh pejabat, namun dari sisi jumlah, profesi artis jumlahnya lebih banyak. Dari 165 nama tersebut, 50 nama diantaranya adalah nama artis.

Temuan ini juga menunjukkan bahwa perempuan dalam dunia hiburan masih mendapatkan porsi terbanyak.  “Julia Perez merupakan figure artis perempuan dengan pernyataan paling banyak dikutip oleh media,” tutur Rustika. Posisinya tepat di bawah Sylviana Murni, yakni di urutan ke-14 dari seluruh figure perempuan yang paling banyak dikutip oleh media.  Dua artis lain yang pernyataannya paling banyak dikutip adalah Nikita Mirzani dan Ayu Ting-Ting. Ketiga nama ini masuk dalam daftar 25 Top Influencers.