Sabtu , 20 May 2017, 04:40 WIB

Indonesia dan Empat Negara Komitmen Bebas TB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Reuters
Ilustrasi Tuberkulosis.
Ilustrasi Tuberkulosis.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Lima negara telah menyatakan komitmennya dalam mewujudkan bebas penyakit tuberkulosis (TB) dalam Pertemuan Dewan Koordinasi Stop TB Partnership ke-29 di Rocco Forte Hotel da Rome, Berlin, Jerman. Adapun lima negara tersebut, yakni Indonesia, India, Afrika Selatan, Nigeria dan Mozambik.

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan Indonesia telah berusaha keras menyikapi berbagai tantangan  dalam penanggulangan TB. Salah satunya terkait geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau. Dengan kondisi seperti ini, program kesehatan tentu harus merata ke seluruh wilayah Indonesia.

“Indonesia juga telah memperbaharui strategi penanggulangan TB melalui edukasi pendekatan keluarga dengan  kunjungan ke rumah untuk menemukan dan mengobati pasien TB,” ujar Nila melalui keterangan resmi kepada Republika.co.id, Jumat (19/5).

Di sisi lain, Nila menganggapi, Indonesia juga telah melakukan kerjasama lintas sektor pemerintah dan swasta. Kemudian memanfaatkan alat pemeriksaan TB mutakhir yang lebih sensitif dan menerapkan paduan pengobatan TB yang lebih pendek. Kementeriannya juga telah melakukan penelitian pembuatan vaksin TB yang bisa mencegah penularan TB pada anak dan dewasa.