Rabu , 31 May 2017, 20:57 WIB

Delegasi Prancis Antusias Melihat Pengolahan Air Berpolutan

Red: Gita Amanda
Republika/Wihdan Hidayat
Palyja
Palyja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) sebagai operator penyedia dan pelayanan air bersih untuk wilayah barat DKI Jakarta, pada Rabu (31/5), menerima kunjungan delegasi Prancis. Mereka antusias melihat inovasi PALYJA dalam mengolah air baku berpolutan di Jakarta.

Delegasi Prancis dari Kementerian Lingkungan dan Perumahan hadir dengan didampingi perwakilah Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia. Mereka mengunjungi instalasi pengambilan air baku Kanal Banjir Barat, Pejompongan.

Diterima oleh Presiden Direktur PALYJA, Alan Thompson, delegasi Perancis yang dipimpin Olivier Robinet selaku Director for International Affairs mendapat penjelasan mengenai teknologi moving bed biofilm reactor (MBBR). MBBR ini merupakan sebuah solusi inovatif pengolahan air berpolutan yang dilakukan PALYJA sebagai upaya mengoptimalkan pelayanan air bersih di Jakarta.

“Kunjungan ini diharapkan dapat memperkokoh hubungan kerjasama Prancis - Indonesia dalam pelayanan air bersih di Jakarta, khususnya melalui pengembangan teknologi” ujar Alan Thompson melalui siaran persnya.
 
Dengan tujuan meningkatkan kualitas air baku, sejak dioperasikan tahun 2015, teknologi MBBR telah berhasil menghilangkan 70 persen kadar amonia dalam air baku yang berasal dari Kanal Banjir Barat. Teknologi MBBR digunakan untuk menyaring polutan dari limbah domestik, seperti amonium, yang terlarut dalam air baku. Polutan tersebut biasanya berasal dari kandungan sampah padat atau limbah rumah tangga yang terlarut dalam sumber air baku.

Setelah diproses dengan teknologi MBBR, air baku itu diolah menjadi jernih dan bersih, kemudian masuk ke reservoir. Teknologi MBBR memanfaatkan mikroorganisme alami yang hidup dalam air untuk mereduksi kadar amonium.
 
PALYJA mengoptimalkan pelayanan air bersih untuk wilayah barat DKI Jakarta dengan total jumlah jaringan lebih dari 5.400 kilometer dengan total 403.614 sambungan. Hal ini membuktikan komitmen PALYJA dalam memberikan pelayanan yang unggul kepada pelanggan dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan terkait dengan akses air bersih di wilayah barat DKI Jakarta.