Sabtu , 05 August 2017, 04:18 WIB

Korsel dan Indonesia Eratkan Kerjasama Bidang Pertahanan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Rakhmawaty La'lang
 Warga berfoto di depan pesawat usai upacara peringatan Puncak HUT ke-71 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Ahad (9/4).
Warga berfoto di depan pesawat usai upacara peringatan Puncak HUT ke-71 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Ahad (9/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL--Menteri Pertahanan Koreal Selatan, Song Young-moobertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, di Seoul,Selasa (1/8). Keduanya ingin memperkuat kerjasama lebih erat terkait produk pertahanan.

 Song mengatakan, pembicaraan tersebut berlangsung saatRyamizard menghadiri upacara pengiriman kapal selam yang diproduksi olehkontraktor pertahanan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co. Indonesijuga telah memesan tiga kapal selam diesel-electric dari Korsel.

Kedua pimpinan dari kementerian masing-masing negara tersebutjuga membahas masa depan pertahanan kedepannya. Cara untuk memperluas sistemsenjata hebat Korea Selatan, termasuk tambahan eskpor tiga kebutuhan kapal selamIndonesia, kata Song dalam pernyataannya, seperti dilansir koreaherald.com,Sabtu (5/8).

Song menegaskan, kementeriannya akan terus mengembangkanindustri pertahanannya. Industri pertahanan lokal masih terlalu bergantungkepda permintaan domestik. Karena itu, Song menginginkan produksi pertahananlokal mampu mengekspor ke berbagai negara.

 Dalam pertamuan tersebut, Song dan Ryamizar jugamembicarakan terkat uji coba rudal balistik oleh Korea Utara. Ia menilai, ujicoba yang dilakukan Korut merupakan sebuah ancaman.

 Para menteri akan mengungkapkan keprihatinan mendalamtentang ancaman nuklir dan rudal Korea Utara yang meningkat baru-baru ini danmendiskusikan cara untuk koordinasi yang erat, Song mengungkapkan.