Sabtu , 12 August 2017, 12:01 WIB

Kiprah Johannes Marliem di AS: Kena Kasus Hukum Hingga Menjadi Donatur Obama

Red: Nidia Zuraya
Johannes Marliem

Ratusan juta rupiah untuk orangutan

Dia menyebut punya kontrak senilai 600 juta dolar AS dengan perusahaan pembuat sistem identifikasi biometrik untuk digunakan di Indonesia. Dari dana itulah, Johannes menyatakan sumbangannya pada Obama dan Demokrat, berasal.

Pimpinan Partai Buruh Petani Demokrat (DFL) wilayah Minnesota kepada Star Tribune mengatakan belum pernah mendengar tentang Johannes Marliem. Dia tidak terdaftar sebagai pemilih di Minnesota maupun negara bagian lainnya. Bahkan usahanya tidak lagi terdaftar di Minnesota, berdasarkan catatan resmi dari pemerintah negara bagian Minnesota.

Selain memiliki perhatian pada kegiatan politik, Johannes ternyata juga memiliki kecintaan besar ke pelastarian orangutan. Dilansir laman citypages.com, pada Desember 2013 Johannes memberikan sumbangan 66 ribu dolar AS atau sekitar Rp 798,6 juta (kurs saat itu sekitar Rp 12.100 per dolar AS, Red)  ke Como Zoo for work untuk pelestarian orangutan.

"Dukungan masyarakat yang dermawan, seperti Johannes Marliem, memungkinkan Como Zoo for work melanjutkan pekerjaan

konservasi dan pendidikan," kata Michelle Furrer, Direktur dan Manajer Como Zoo for work.

Dukungan Johannes kepada pelestarian orangutan tidak hanya dilakukan sekali. Pada awal Januari 2015, ia juga memberikan cek senilai 10 ribu dolar AS kepada Como Friends, organisasi nirlaba yang menjadi rekanan Como Park Zoo & Conservatory. Dana tersebut diberikan Johannes untuk biaya medis dan kelahiran bayi orangutan Kemala dan induknya Markisa.