Kamis , 17 August 2017, 09:10 WIB

Hadiri Upacara HUT RI di Istana, Kapolri Kenakan Pakaian Adat Papua

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Bayu Hermawan
Debbie Sutrisno
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Istri mengikuti upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Istri mengikuti upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ‎Pakaian adat nampaknya menjadi salah satu tema utama dalam perayaan kemerdekaan RI yang ke-72 di Istana Negara. Sebab banyak undangan yang datang menggunakan berbagai pakaian adat daerahnya masing-masing.

Penggunaan pakaian adat juga dilakukan oleh Kapolri Tito Karnavian. Tito yang hadir bersama dengan sang istri terlihat menggunakan pakaian adat papua. Namun tak seluruhnya, melainkan hiasan di atas kepala yang biasanya dibuat dari bulu burung kasuari. Sementara istri Tito Karnavian terlihat mengenakan pakaian adat Ewer.

Ketika ditanya alasan mengenakan pakaian ini, Tito menyebut bahwa dirinya memang memiliki pakaian ini sendiri, dan sengaja ingin memakainya dalam peringatan upacara kemerdekaan kali ini.

"Iya saya pakai baju Papua, istri saja juga. Ini punya sendiri," kata Tito, Kamis (17/8).

Namun, saat ‎ditanya apakah ini karena Tito sedang rindu dengan Papua, dia hanya melayangkan senyum sembari berjalan menuju tempat duduk.

Tito memang tidak asing dengan pakaian adat Papua. Sebagai anggota kepolisian, Tito sempat ditempatkan di Papua sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) sejak 2012 hingga 2014. Setelah dua tahun barulah Tito ditarik ke Jakarta menjadi Kapolda Metro Jakarta.