Kamis , 14 September 2017, 12:59 WIB

Gedung Perpustakaan Tertinggi di Dunia Diresmikan Jokowi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Endro Yuwanto
Diwangkoro Arsitek
Gedung Perpusnas
Gedung Perpusnas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia di Jakarta, Kamis (14/9). Menurut Jokowi, Gedung Perpusnas yang dibangun dengan 27 lantai ini merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia.

Sebelumnya, Gedung Perpusnas hanya dibangun tiga lantai. "Jadi enggak kaget kalau gedung Perpustakaan Nasional ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaannya," kata Jokowi di Perpusnas, Jakarta, Kamis (14/9).

Jokowi pun memuji desain Gedung Perpusnas yang dinilainya sangat baik. Desain gedung ini merupakan hasil dari perlombaan yang digelar oleh Perpusnas. "Saya tanya tadi ke Pak Kepala Perpustakaan, ini hasil dari lomba yang diadakan sehingga mendapatkan sebuah desain dan hasil menurut saya sangat baik," ujar dia.

Lebih lanjut, mendengar akan diselenggarakan peresmian Gedung Perpusnas RI, Presiden pun langsung menyampaikan keinginannya untuk hadir meresmikan. Perpusnas merupakan gagasan Presiden pertama RI Sukarno untuk mempersiapkan generasi selanjutnya di masa mendatang.

"Baru kami kerjakan pada saat ini, ini dikerjakan dua tahun enam bulan dan selesai dengan kondisi yang sangat baik, Alhamdulillah," ucap Jokowi.

Jokowi pun mengingatkan agar Perpusnas dapat menyesuaikan dengan perkembangan digital saat ini. Sehingga, Perpusnas diharapkan dapat mengikuti perkembangan dunia. "Perhatikan dan pelajari bagaimana orang mengonsumsi buku, mengkonsumsi tulisan. Lalu, sesuaikan dengan tren yang ada," kata dia mengingatkan.