Kamis , 21 September 2017, 00:33 WIB

Wakil Ketua KPK Anggap Rekam Jejak PKS Paling Bagus

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agus Yulianto
ROL/Havid Al Vizki
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif menilai, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki rekam jejak yang baik. Terutama dalam hal sistem kaderisasi, sumber keuangan, dan manajemen keuangan partai politik.

"Salah satu sistem kaderisasi partai politik yang paling bagus adalah PKS dibandingkan dengan partai partai yang lain. Ini dari studi yang saya tahu di KPK dan ketika saya masih di LIPI," kata Laode di Gedung DPP PKS, Jalan TB. Simatupang No.82, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Rabu (20/9).

Kunjungan KPK ke kantor PKS merupakan kunjungan terakhir KPK ke partai politik, yang bertujuan untuk memaparkan Sistem Integritas Partai. Hal tersebut dilakukan oleh KPK sebagai bentuk pertanggungjawaban lembaga antirasuah terhadap partai politik.

"Kami pikir KPK harus ikut bertanggung jawab tentang ini. Setelah diteliti dengan LIPI, yang kami lihat adalah soal transparansi dan akuntabilitas keuangan partai politik. Yang kedua tentang kode etik partai dan yang ketiga serta kaderisasi partai politik," ungkap Laode.

"Tanpa kami datang, sebenarnya tidak apa-apa. Karena by nature, by structure, nilai-nilai integritas itu sudah ada di PKS," tambahnya.