Ahad , 08 October 2017, 06:29 WIB

Bertolak ke Belgia, Wapres JK Buka Festival Europalia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Indira Rezkisari
Antara/Widodo S. Jusuf
Jusuf Kalla
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla bertolak ke Belgia untuk menghadiri Festival Seni Budaya Europalia, Ahad (8/10). Dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut, Wakil Presiden yang didampingi oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla akan melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia di Belgia dan Luxemburg.

Diketahui, Pemerintah Indonesia siap menampilkan 316 seniman dalam Festival Budaya Europalia yang akan digelar pada 10 Oktober 2017. Festival ini akan dibuka oleh Wakil Presiden dan Raja Belgia Phillipe. Festival budaya ini menjelajahi 40 kota di tujuh negara Eropa selama 104 hari.

Pemerintah Indonesia mengeluarkan biaya sekitar Rp 106 miliar untuk Europalia yang digelar setiap dua tahun sekali. Tujuan digelarnya festival ini yakni sebagai penguatan promosi pariwisata Indonesia. Kegiatan selama 104 hari akan dilakukan di sejumlah negera dengan kegiatan berbeda-beda. Sehingga, sebanyak 316 seniman Indonesia akan tampil dan tersebar dalam berbagai kegiatan.

Delegasi seni budaya Indonesia akan menggelar 360 kegiatan dengan menampilkan sejumlah seni dan budaya. Selain di Belgia, Indonesia akan mengunjungi Prancis, Jerman, Belanda, Austria, Inggris dan Polandia.

Selain membuka Europalia, Wakil Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Komisi Eropa Andrus Ansip. Jusuf Kalla juga akan membuka Indonesa-Belgium High Level Roundtable Discussion di kantor Federasi Bisnis Belgia. Setelah itu, wakil presiden akan melakukan kunjungan kehormatan sekaligus santap siang bersama Raja Belgia Philippe, dan Ratu Mathilde.

Usai melakukan kunjungan kerja ke Belgia, wakil presiden langsung bertolak ke Inggris untuk menghadiri resepsi ASEAN. Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla diperkirakan kembali ke Tanah Air pada Jumat (13/10).