Rabu , 11 October 2017, 18:37 WIB

Sosialisasi Bahaya Narkoba Termasuk Program Bela Negara

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua Bidang III Sosial-Budaya OASE Nora Tristyana.
Ketua Bidang III Sosial-Budaya OASE Nora Tristyana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Aksi Solidaritas era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) yang dipimpin Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyelenggarakan kegiatan untuk generasi muda yang diikuti 2.500 siswa SD dan 4.500 siswa SMP, SMA dan SMK di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/10).  Kegiatan bertema 'Bela Negara Tanpa Narkoba, Pornografi, dan Kekerasan Menuju Kejayaan Indonesia' itu diisi pentas seni, budaya, serta sosialisasi bahaya narkoba bagi generasi penerus bangsa.

Kegiatan itu diadakan atas ide Ketua OASE Kabinet Kerja Ibu Negara Iriana Jokowi terkait bahaya laten narkoba di kalangan generasi muda Indonesia. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di berbagai provinsi Indonesia.

Ketua Bidang III Sosial-Budaya OASE Nora Tristyana Ryamizard Ryacucu menerangkan, kegiatan itu merupakan sinergitas kerja sama program Bela Negara yang diadakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dengan program sosialisasi antinarkoba milik Polri.

"Masalah narkoba ada di kerangka besar Bela Negara, dan Bela Negara adalah tugas pokok dari Kemenhan sesuai undang-undang. Sehingga saya pikir ini merupakan sosialisasi yang ideal karena program Bela Negara mencakup pembangunan character building," ujar Nora dalam siaran pers kepada Republika.co.id, di Jakarta, Rabu (11/10).

Nora menambahkan, kerja sama kegiatan itu juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN), Kemendikbud, pemerintah daerah, dan lembaga-lembaga terkait yang memiliki kegiatan sosialisasi narkoba.

Acara tersebut turut dihadiri Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku ketua umum OASE Kabinet Kerja yang tiba pukul 07.40 WIB, dan disambut oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.