Ahad , 22 October 2017, 00:10 WIB

PNS Lebih Serius dan Rajin Belajar Bahasa Asing

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Elba Damhuri
Republika/ Wihdan
Petugas membantu warga terkait informasi beasiswa luar negeri di Euro management, Jakarta, Senin (3/10).
Petugas membantu warga terkait informasi beasiswa luar negeri di Euro management, Jakarta, Senin (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan kalangan yang paling rajin mengikuti program beasiswa bahasa gratis yang diadakan Euro Management Indonesia bersama Yayasan Dunia Pendidikan Eropa Indonesia (YPEI). Penggagas program Bimo Sasongko mengatakan ada 1.000-an orang telah mendaftar dan kelas pelajaran bahasa asing terus berjalan.

Sebanyak lima bahasa diajarkan secara cuma-cuma mulai Bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Prancis, hingga Jepang. Dia menambahkan, program beasiswa ini sangat membantu mereka.

"Hasilnya cukup signifikan dibandingkan program anak SMA, mahasiswa, jurnalis, PNS ini lebih serius, lebih taat karena mereka bisa izin sehingga tidak terkendala waktu dibandingkan yang lain misalnya kelas jurnalis," kata Bimo kepada Republika di Jakarta, Sabtu (21/10).

PNS disebutnya terus bertahan untuk belajar karena semangat belajarnya luar biasa dan bercita-cita ingin masuk sekolah ke luar negeri melalui beasiswa. Buat PNS peluang beasiswa banyak namun kemampuan bahasa asingnya tidak disiapkan oleh institusi-institusi mereka.
 
Kelas bahasa asing ini dibuka setiap hari dimulai dari pukul 16.00 sampai 20.00 WIB dan dibagi dua sesi. Satu sesi sebanyak tujuh kelas dan sekitar 150 PNS yang bekerja di Jabodetabek ikut kelas ini per harinya.

Bimo berharap instansi tempat abdi negara ini bekerja mengizinkan PNS ikut kursus saat pagi hari karena pesertanya diperkirakan bisa mencapai 5.000 orang. Ia mengaku jumlah pengajar maupun tempat sudah memadai. Ia berharap program ini bisa disosialisasikan kepada semua PNS atau ASN.