Sabtu , 28 October 2017, 12:32 WIB

Puan Dampingi Megawati Hadiri Upacara Kremasi Raja Thailand

Red: Dwi Murdaningsih
kemen pmk
Puan Maharani, mendampingi Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara Royal Cremation Raja Bhumibol Adulyadej di Sanam Luang, Bangkok yang dilaksanakan Kamis (26/10) waktu setempat.
Puan Maharani, mendampingi Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara Royal Cremation Raja Bhumibol Adulyadej di Sanam Luang, Bangkok yang dilaksanakan Kamis (26/10) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mendampingi Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara Royal Cremation Raja Bhumibol Adulyadej di Sanam Luang, Bangkok yang dilaksanakan Kamis (26/10) waktu setempat. Megawati Soekarnoputri hadir sebagai Utusan Khusus Presiden Joko Widodo.

Dari siaran pers yang diterima Republika.co.id, Megawati Soekarnoputri dan Puan tiba di Bandara Don Moeang, Bangkok dan disambut oleh Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi Chief of Protocol Thailand, Jenderal Teerachai Nakwanich dan Menteri Pendidikan Thailand, Teerakiat Jaroensettasin.

Upacara kremasi kerajaan Raja Bhumibol Adulyadej ini juga dihadiri oleh sekitar 42 tamu kehormatan dari berbagai negara yang terdiri dari kepala negara, kepala pemerintahan, Putra/Putri Mahkota, dan utusan dari berbagai negara. Beberapa raja dan ratu yang hadir diantaranya HM Queen Silvia dari Swedia, HM Sofia dari Spanyol, HM Maxima dari Belanda, dan HM Mathilde dari Belgia. Menurut keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Royal Cremation ini diselenggarakan di tempat yang dibangun khusus dan dilaksanakan satu tahun setelah wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej pada 13 Oktober 2016 dan diperkirakan 250 ribu pelayat hadir langsung menyaksikan upacara kerajaan tersebut.

Pada tahun 1957, Raja Bhumibol bersama Ratu Sirkit melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan menginap di Istana Tampaksiring, Bali serta mengadakan pertemuan dengan Presiden Republik Indonesia kala itu Ir. Soekarno. Raja Bhumibol Adulyadej menjadi tamu negara pertama yang menginap di Istana Tampaksiring setelah istana tersebut diresmikan.