Jumat , 03 November 2017, 20:05 WIB

Pemerintah Siapkan SKB 4 Menteri Kawal Dana Desa

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memimpin rapat koordinasi tingkat menteri di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (2/11).
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memimpin rapat koordinasi tingkat menteri di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (2/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah tengah menyiapkan Surat KeputusanBersama (SKB) 4 Menteri terkait penggunaan dana desa dalam program padat karya. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, SKB 4 menteri ini merupakan sinergi antara Kementerian Keuangan, Kementerian Desa, Kementerian Dalam Negeri dan Bappenas.

"Akan ada SKB4 menteri antara Kemenkeu, Kemendes, Kemendagri dan Bappenas mengaitkan semua program pemerintahan yang ada bisa difokuskan kepada 100 kabupaten yang ada dengan fokus-fokus desa tertentu," ujar Puan di Kompleks Istana Presiden,Jakarta, Jumat (3/11).

Dana desa tersebut salah satunya akan digunakan untuk menjalankan program padat karya dengan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di desa-desa. Puan mengatakan, program padat karya akan dilakukan secara swakelola sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa.

"Nantinya, masyarakat yang bekerja akan mendapatkan upah baik secara harian ataupun mingguan," katanya.

Dalam program padat karya ini tak hanya melingkupi sektor infrastruktur, namun juga fokus pada perbaikan pelayanan masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat desa.

"Program padat karya ini bukan hanya melingkupi infrakstruktur atau sarana prasarana seperti embung tapi kita juga masuk ke pelayanan masyarakat misalnya rumah sakit bukan yang besar karena di desa tapi Puskesmas dan Posyandu juga rehabilitasi sekolah-sekolah," jelasnya.

Puan mengatakan, Presiden Joko Widodo(Jokowi) menginstruksikan agar dana desa pada awal 2018 nanti lebih difokuskanpada program padat karya masyarakat desa. Sehingga perangkat desa ikut berpartisipasi dalam pembangunan di desanya bahkan ibu-ibunya.

Sementara itu, Menteri Dalam NegeriTjahjo Kumolo menambahkan, dalam SKB 4 Menteri ini mengatur terkait program padat karya yang akan dijalankan pada Januari tahun depan. Diharapkan denganSKB 4 Menteri tersebut maka sinergi untuk memajukan desa antara kementerian menjadilebih baik.

"Intinya gotong royong untuk menangani desa yang kita pilih agar terlihat hasilnya dalam bukan hanya stunting dan pengentasan kemiskinan tapi memajukan desa yang sangat tertinggal menjadi lebih baik," ujar Tjahjo.