Jumat , 03 November 2017, 22:47 WIB

Vocademia, Paduan Suara UI Juara 1 di Spanyol

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dok
Anggota grup vokal Vocademia UI juara 1 dalam lomba Canta Al Mar, Festival Coral International di Spanyol.
Anggota grup vokal Vocademia UI juara 1 dalam lomba Canta Al Mar, Festival Coral International di Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemuda-pemudi Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Grup vokal Vocademia Universitas Indonesia (UI) menjuarai kategori Popular Music (Pop) dalam lomba choral competition "Canta Al Mar, Festival Coral International". Lomba itu merupakan program dari Interkultur yang diselenggarakan di Kota Calella, Catalonia, Spanyol. 

Interkultur yang berbasis di Jerman tersebut memang memiliki berbagai program seni budaya, khususnya bidang tarik suara. Dan, Canta Al Mar yang diselenggarakan di Calella sudah mencapai tahun ke-6. Calella sendiri merupakan kota yang mengahadap langsung ke Laut Mediterania dan hanya berjarak kurang lebih satu jam dari Barcelona, Spanyol.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Calella turut membuka acara bersama panitia dari Interkultur dan menyediakan arena di beberapa lokasi di Kota Calella, meliputi gedung cinema Sala Mozart, bahkan hingga alun alun kota. Pembukan acara sangat menarik karena diselenggarakan di lapangan terbuka bernama Parc Dalmau. 

Grup Vocademia UI mendapat kehormatan untuk tampil membuka acara, di samping grup musik dari Islandia, Spektrum.

Konduktor sekaligus penyanyi Vocademia UI, Mia Ismi Halida Sofwan mengatakan, torehan kali ini merupakan kemenangan Vocademia UI dalam tiga tahun berturut-turut. Hal itu setelah tahun 2015 menjadi juara 1 kategori Pop di Busan Choir Competition di Korea Selatan, dan tahun 2016 menjuarai Pekan Seni Mahasiswa Nasional di Kendari dan tahun ini di Calella, Spanyol. 

"Tentunya kemenangan ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan tim dan berbagai pihak. Sekali lagi selamat pada tim Vocademia, Bapak Agustinus Sudibyo selaku pendiri founder), Ronald Wilson (Music Director), Kiel Dharmawel (koreografer dan penyanyi) serta seluruh penyanyi bersuara emas; Bramantya Dwipramadya, David Ganda, Rangga Mahesa, Nobel Telaumbanua, Ammay Lucy Tarigan, Roma B Olivia, Yulita Amirah, Matilda Saragih, Artha Nadhini, dan tim musik Silvanus Vigo, serta Jovan Zachari," ujar Mia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (3/11).

Menurut Mia, tentunya selain membawa nama baik kampus, kemenangan Vocademia UI diharapkan juga menjadi pemicu semangat anak-anak muda Indonesia untuk terus berkarya dan berani berlomba di panggung dunia. "Tidak lupa sekali lagi ucapan terima kasih pada para sponsor pendukung acara, yaitu Putut Budi Santoso serta Batik Kalingga karya Chiva production, Ve Education Center, serta dukungan dari tokoh Betawi DKI Jakarta, Ibu Nur Asia Uno," tutur Mia.