Rabu , 22 November 2017, 10:44 WIB

Relawan Turunkan Ratusan Kilogram Sampah dari Gunung

Red: Esthi Maharani
satriopinandito.wordpress.com
Gunung Gede
Gunung Gede

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Lima puluhan sukarelawan turunkan ratusan kilogram sampah dari atas Gunung Gede-Pangrango, Cianjur, Jawa Barat, dalam kegiatan Montana Just Fun Hiking 2017.

"Montana merupakan organisasi Volunteer Gunung Gede-Pangrango, setiap tahun kami melakukan kegiatan membersihkan sampah dari bawah sampai atas gunung yang saat ini jumlahnya semakin menumpuk," kata Ketua Panitia Iwan Iskandar, saat dihubungi Rabu (22/11).

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi penggiat alam terbuka, termasuk membangun komunikasi antara penggiat dan pecinta alam. Kegiatan tersebut, diikuti peserta dari berbagai perwakilan komunitas sebanyak 50 orang. Sedangkan panitia dari sukarelawan Montana sebanyak 30 orang untuk mengawal dan mengarahkan teknik operasi bersih, peserta mengumpulkan sampah berbagai jenis sebanyak 317,4 kilogram dari puncak gunung.

"Banyak jenis sampah yang ditemukan saat dilakukan bersih - bersih sampah seperti sampah kemasan makanan, minumuman berbahan kaleng, plastik dan pecahan kaca. Sampah yang sudah terkumpul akan disetorkan ke bank sampah," katanya.

Sementara Penggiat Seni dan Lingkungan Cipanas Eko Wiwid mengatakan, kegiatan tersebut harus menjadi contoh bagi seluruh kalangan termasuk pemerintah harus lebih mengapresiasi dan mendukung penuh komunitas Volunteer.

"Kegiatan seperti ini, atas kesadaran penggiat lingkungan dan penggiat alam terbuka. Pemerintah daerah maupun Jawa Barat, seharusnya mendukung secara penuh meskipun taman nasional tersebut dikelola pusat," katanya.

Bahkan tambah dia, kegiatan tersebut dapat dijadikan agenda rutin Dinas Pariwisata dan dinas yang berkaitan dengan Kawasan TNGGP, sehingga tidak hanya menarik retribusi semata.

"Ini akan manrik berbagai kalangan untuk datang ke Cianjur, khususnya pencinta alam. Terlebih saat ini di kawasan TNGP sudah ada bank sampah, sehingga pendaki atau pencinta alam dapat menjual sampahnya ke bank tersebut," katanya.

Sumber : Antara

Berita Terkait