Kamis , 07 December 2017, 22:30 WIB

Polri Ajak Masyarakat Kerja Sama Amankan Asian Games

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan
Beawiharta/Reuters
Irjen Pol Setyo Wasisto, Kepala Divisi Humas Polri
Irjen Pol Setyo Wasisto, Kepala Divisi Humas Polri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polri telah menyatakan siap melakukan pengamanan pesta olah raga seluruh Asia, Asean Games yang akan digelar pada 2018 mendatang. Namun, hal tersebut dapat terwujud bila ada kerja sama dengan masyarakat di tempat penyelenggaraan.

"Saya menginbau kepada masyarakat Jakarta, Palembang, Jawa Barat yang kebetulan jadi venue-venue Asian Games jadilah tuan rumah yang baik. Ini hajatan besar, artinya kita welcome lah," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto di Markas Besar Polri, Jakarta, Kamis (7/12).

Gelaran pesta olah raga inu, lanjut Setyo merupakan acara yang belum tentu 20-30 tahun ke depan Indonesia akan menjadi tuan rumah lagi. Untuk itu, ia berharap Polri dan masyarakat dapat bekerja sama menjaga keamanan dan kelancaran berlangsungnya acara tersebut.

"Asia kan banyak yang mau jadi tuan rumah. Ini momen penting, momen menunjukan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang santun, bangsa yang sangat menghormari, bangsa yang aman. Jadilah tuan rumah yang baik," kata dia.

Setyo menambahkan, pihaknya akan melakukan konsentrasi pengamanan di venue-venue penyelenggaraan tersebut. Salah satur rangkaian yang akan dilakukan adalah uji coba penyelenggaraan atau test event. "Tapi kalau pengamanan ada latihan praops sendiri," kata Setyo menutup.