Ahad , 14 January 2018, 04:00 WIB

Dukung Nusantara Mengaji, APP Wakafkan 5.000 Alquran

Red: Winda Destiana Putri
Dok: APP SInarmas
Dukung Nusantara Mengaji, APP Wakafkan 5.000 Alquran
Dukung Nusantara Mengaji, APP Wakafkan 5.000 Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dalam rangka memenuhi kebutuhan Alquran di tanah air dan mendukung kegiatan Nusantara Mengaji, Asia Pulp & Paper (APP) wakafkan 5.000 mushaf Alquran di STIE Pelita Bangsa Cikarang. Kegiatan yang didahului khataman Alquran ini juga diikuti sekitar 5.000 mahasiswa.

Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 mendata ada sekitar 54 persen dari total populasi umat Islam di Indonesia yang belum dapat membaca Alquran. Sedangkan data Kementerian Agama tahun 2011 mencatat kebutuhan Alquran di Indonesia mencapai 2 juta mushaf per tahun, sementara daya cetak baru 300 ribu setiap tahunnya. Karena itu, APP mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran bagi umat Muslim di Indonesia.

“Donasi mushaf Alquran ini secara konsisten telah kami lakukan dari tahun ke tahun, hal ini merupakan komitmen kami untuk mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan mushaf Al Quran di tanah air,” Ungkap Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata ditempat terpisah dalam keterangannya.

Sejak tahun 2017 lalu, APP telah mendonasikan lebih dari 20 ribu mushaf Alquran untuk kegiatan Nusantara Mengaji. Seperti pada kegiatan sebelumnya, bulan Maret 2017 melaksanakan kegiatan yang sama di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), dan bulan April 2017 kegiatan khataman Alquran di Lembaga Permasyarakatan Cipinang bekerjasama dengan Kementerian Hukum & HAM.

Suhendra menambahkan, program wakaf Alquran telah dilakukan sejak tahun 2008 merupakan komitmen jangka panjang dari APP. Sampai dengan saat ini, APP telah mendonasikan lebih dari 650 ribu mushaf Alquran ke berbagai wilayah di Indonesia.

APP, melalui salah satu unit industrinya, Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang, memproduksi kertas khusus untuk pencetakan Alquran yang diberi merk QPP - Sinar Tech. Kertas ini mampu bertahan hingga lebih dari 100 tahun dalam pemakaian normal.

Kelebihan lainnya, produk kertas ini sudah memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. 90 persen dari produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Alquran seluruh dunia, antara lain Arab Saudi, Turki, Iran, dan Kuwait. Saat ini APP sudah memasok 60 persen kebutuhan kertas Alquran di dunia sejak 2 tahun lalu.

Hadir dalam acara, inisiator Nusantara Mengaji Muhaimin Iskandar, dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir dalam hal ini diwakili oleh Staff Khusus Menteri Jabidi Ritonga, Ketua Pembina Yayasan Pelita Bangsa Moh. Mardiana, Kornas Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid, jajaran Civitas Akademika STIE Pelita Bangsa, serta unsur Muspida Kabupaten Bekasi.