Senin 25 Apr 2022 01:50 WIB

Pahala Mempelajari Alquran

Seluruh ilmu pengetahuan itu ada di dalam Alquran.

Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Perumpamaan orang yang ahli membaca Alquran ialah seperti unta yang diikat. Jika dijaga, unta itu tidak akan lepas. Jika tidak dijaga, lepaslah dan akan hilang unta itu." (HR Imam Muslim).

Selain itu, dari Uqbah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda: "Siapakah di antara kalian yang suka pergi ke al-'aqiiq setiap hari, lalu pulang kembali membawa dua ekor unta yang gemuk-gemuk bukan karena mencuri atau memutuskan tali persaudaraan?"

Baca Juga

Kami menjawab: "Kami semua menginginkan." Rasulullah SAW bersabda: "Mengapa kamu tidak pergi ke masjid kemudian kamu belajar di sana atau mebaca dua ayat dari ki tab Allah maka itu lebih baik daripada dua ekor unta dan bila belajar atau membaca tiga atau empat ayat maka lebih baik dari tiga atau empat unta."

Demikianlah sesuai dengan banyak ayat yang dibacanya, maka sebanyak itu pula pahala yang lebih baik daripada bilangan unta tersebut (HR Imam Ahmad). Ada beberapa hikmah dari ayat diatas bagi manusia. Pertama, selalu menjaga kesuciaan dan keaslian Alquran.

 

Manusia tak berhak untuk mengubah atau menyelewengkan isi Alquran. Apa pun yang telah disebutkan oleh Allah dalam Alquran tidak pernah salah. Kedua, membiasakan dan membudayakan membaca Alquran. Kitab suci Alquran harus dibaca lebih sering dan jadikan sumber ilmu.

Semakin sering membaca ayat-ayat tersebut, inspirasi tentang ilmu pengetahuan makin mudah didapatkan. Seluruh ilmu pengetahuan itu ada di dalam Alquran. Efek dari mem pelajari ilmu dalam Alquran adalah mendapat kan pahala. Sekaligus tersebar banyak kebaikan dan member hen tikan banyak sekali kerusakan.

Ketiga, memberdayakan ahli Al quran. Hendaknya, posisi orang yang hafal dengan kitab suci diber dayakan secara penuh oleh negara. Mereka diberikan fasilitas dan reward berupa ekonomi, sehingga mereka bisa mengembangkan ilmu pengetahuan lebih lanjut. Sekaligus mencetak ahli Alquran yang baru.

Memperbanyak ahli Alquran bu kan menakutkan, tetapi justru menja di berkah bagi bangsa dan negara. Keempat, belajar Alquran lebih dini. Menghafal ayat lebih baik lagi jika dilakukan kepada anak-anak ketika mereka masih umur belia.

Bahkan, anak-anak yang di biasakan selalu membaca Alquran, akan selalu menjadi perilaku nya sampai mereka dewasa. Kelima, mendapatkan pahala. Setiap huruf dalam Alquran mengandung pahala. Jika menghafalnya lebih banyak lagi, pahala terus berlimpah. Pada saat ilmu Alquran diterapkan maka semakin luas lagi dampak dari ke baikan Alquran kepada orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement