Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Makassar Resmi Jadi 'Hub' Garuda di Kawasan Indonesia Timur

Selasa 31 Mei 2011 20:59 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan, mulai Selasa (31/5) meresmikan 'Pusat Distribusi' (hub) untuk wilayah Indonesia Timur ditetapkan di Kota Makassar. "Penetapan ini merupakan bagian dari program pengembangan jaringan (network) dan rute penerbangan Garuda khususnya di wilayah timur Indonesia," kata Kepala Komunikasi Perusahaan Garuda, Pujobroto saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Selain itu, keputusan ini termasuk dukungan terhadap program percepatan ekonomi nasional yang dicanangkan oleh pemerintah melalui 'Konsep Pembangunan Enam Koridor Ekonomi Nasional',"  Pujobroto mengatakan, dengan penetapan Makassar sebagai "hub" untuk wilayah Indonesia Timur, maka selanjutnya dari Makassar, Garuda akan melayani penerbangan ke tiga belas kota tujuan di domestik dan internasional yaitu Ambon, Balikpapan, Biak, Denpasar, Jakarta, Jayapura, Palu, Surabaya, Gorontalo, Manado, Ternate, Timika dan Singapura.

Peresmian Makassar sebagai hub tersebut dilaksanakan di Makassar secara bersama - sama oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bhakti, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar dalam kesempatan acara makan malam bersama di Gubernuran Sulawesi Selatan pada Selasa Malam (31/05).

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Emirsyah Satar, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sesuai dengan perkembangan pasar dan peningkatan ekonomi di berbagai kawasan, maka Garuda senantiasa terus mengembangkan jaringan penerbangannya bagi peningkatan pelayanan kepada para pengguna jasa.

"Mengingat Kota Makassar tumbuh sangat cepat sebagai kota bisnis dan posisi Makassar yang sangat strategis di kawasan Indonesia Timur, maka hari ini Garuda membuka Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur, untuk meningkatkan mobilitas masyarakat di kawasan ini bagi peningkatan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat", kata Emir.

Selain itu, peresmian Makassar sebagai hub ketiga Garuda setelah Jakarta dan Denpasar juga dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah yaitu "Master Plan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011 - 2025, khususnya Koridor Ekonomi Sulawesi yang dicanangkan sebagai Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Pertanian, perkebunan, Perikanan, dan pertambangan Nikel nasional.

Menurut Emirsyah, dengan demikian saat ini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan Makassar.
Untuk menunjang pengembangan Makassar sebagai kota bisnis di masa mendatang, tambahnya, Garuda juga membuka rute penerbangan dari Makassar ke beberapa kota bisnis lainnya seperti Singapura dan Balikpapan. Ke depan Garuda juga akan membuka Medan sebagai hub untuk kawasan Sumatera dan sekitarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA